Menu

Agus Maryono: Harus Ada Gerakan Restorasi Sungai

  Dibaca : 510 kali
Agus Maryono: Harus Ada Gerakan Restorasi Sungai

MANADO — Bencana banjir yang melanda sebagian besar daratan, dan makin sering, sebagai akibat dari kondisi sungai yang kian parah. Butuh restorasi sungai dengan menggerakkan masyarakat.

Demikian pernyataan Pakar Hidrologi Universitas Gajah Mada (UGM) Prof. DR Ing Agus Maryono dalam Sarasehan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Sulawesi Utara yang digelar Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) 1 Sulut, di Best Western Hotel Manado, Jumat (19/5).

“Memberdayakan masyarakat untuk menyelamatkan sungai harus dengan gerakan. Harus ada pihak yang menginisiasi gerakan itu dengan hal-hal yang baik, terkait dengan restorasi sungai,” ujar peraih Penghargaan Pelopor Restorasi Sungai 2015 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu. “Kalau masyarakat sudah tergerak merestorasi sungai, tidak mungkin pemerintah tidak akan berperan.”

Restorasi sungai, kata jebolan University of Karlsruhe, Jerman ini, harus dilakukan, dan saat ini harus secepatnya, karena kondisi sungai makin memprihatinkan akibat kegiatan manusia yang makin tinggi. Seperti pencemaran limbah, perusakan daerah tangkapan, hilangnya daerah sempadan sungai karena pembangunan, dll.

“Harus dipahami bahwa sungai itu adalah ekosistem dari hulu sampai hilir, yang harus dijaga seluruh bagiannya. Bukan parsial,” ujar Maryono.

Restorasi sungai, katanya, dilakukan secara komprehensif. Yakni restorasi hidrologi, restorasi ekologi, restorasi morfologi, restorasi sosial ekonomi dan budaya, serta restorasi kelembagaan dan aturan.

“Degradasi dan ancaman kondisi sungai adalah ancaman ekologi dan ekosistem air secara keseluruhan. Sehingga dibutuhkan gerakan pemulihan dan pengembalian fungsi sungai atau gerakan restorasi sungai,” ujarnya menyemangati para peserta sarasehan yang sebagian besar adalah Komunitas Peduli Sungai (KPS) di Sulut.(baz)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional