Menu

Diduga Ada Kapitalaung Gunakan Dandes Untuk Biayai ‘Hello Kitty’

  Dibaca : 481 kali
Diduga Ada Kapitalaung Gunakan Dandes Untuk Biayai ‘Hello Kitty’
SIAP BERTUGAS: Bupati Jabes E Gaghana saat melantik 8 Pejabat Kapitalaung, Selasa Kemarin

SANGIHE — Indikasi penyalagunaan Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, kian menyeruak. Bahkan, kabar tersebut telah sampai ke telinga Bupati Jabes E Gaghana SE ME. Hal ini nampak lewat sambutannya saat melantik 8 pejabat kapitalaung (Kepala Desa, red) bersama Majelis Tua-tua Kampung (MTK) sekaligus pelaksanaan Bimtek Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Desa 2017, Selasa (30/5) kemarin.

“Ada informasi yang saya terima dimana ada kapitalaung yang sok kaya, dan membiayai simpanannya menggunakan dana desa,” ungkap Gaghana dengan nada kecewa. Informasi lain, sambung dia, ada kapitalaung yang kini sudah mengantongi 3 unit mobil truk. “Tidak masalah kalau itu dibeli pakai uang pribadi, tapi jika belakangan diketahui menggunakan uang rakyat, maka yang bersangkutan harus siap dengan konsekwensi hukumnya,” tegas politisi yang pernah menjabat wakil bupati selama dua periode itu.

Hal lain yang tidak kalah menarik dalam pernyataan Gaghana yakni masih banyak Kapitalaung yang belum memasukan SPJ Dandes 2016. Kondisi ini menurutnya sangat aneh mengingat di tahun-tahun kemarin para ujung tombak pemerintah daerah ini sudah Bimtek ke luar daerah. “Kalian kan sudah mengikuti Bimtek di berbagai kota di Indonesia, tapi kenapa hanya membuat SPJ harus terlambat,” ketusnya sembari mendesak para Kapitalaung agar segera menuntaskan kewajiban (Memasukan SPJ) mereka.

Sementara itu, kepada Pejabat Kapitalaung yang baru dilantik, diminta agar mengfungsikan dirinya secara maksimal dalam memberikan pelayanan bagi warganya.  “Jangan pilih kasih dan jangan bawa masalah politik untuk pelayanan publik. Saya tidak mau mendengar ada masyarakat yang datang melapor ke saya, oleh karena ulah Kapitalaung yang pilih kasih,” pesannya. (nal)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional