Menu

Jabes Gelorakan Semangat NKRI di Pulau Perbatasan

  Dibaca : 391 kali
Jabes Gelorakan Semangat NKRI di Pulau Perbatasan
Jabes Gaghana

SANGIHE — Kunjungan kerja Bupati wakil Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Helmut Hontong SE, di Kecamatan Kepulauan Marore, tak hanya sekedar melakukan pertemuan secara ceremonial dengan masyarakat setempat, namun lebih dari itu, Bupati dengan gegap gempita menggelorakan semangat dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya ingin bertanya kepada kalian semua (masyarakat) apakah setuju NKRI harga mati bagi kita semua? Kalau setuju mari kita ucapkan dengan semangat, Kami Indonesia, Kami Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila NKRI harga mati,” ajak Bupati yang diikuti dengan semangat oleh seluruh warga di Kampung Kepulauan Matutuang, pulau yang juga berbatasan langsung dengan Negara tetangga Filipina.

Ia berharap, semangat NKRI tetap berada di hati seluruh masyarakat di wilayah kepulauan Marore, sehingga mampu menangkal paham radikalisme yang hendak merongrong kedaulatan negara Pancasila dan UUD 1945.

“Kemerdekaan yang diraih Bangsa Indonesia adalah direbut oleh segenap para pahlawan bangsa dengan jiwa dan raga bukan diberikan oleh para penjajah. Olehnya, jika ada pihak-pihak yang ingin merubah dasar Negara, harus kita lawan. Saya minta kepada masyarakat, untuk tidak mudah percaya terhadap oknum tertentu, apalagi orang itu tidak kita kenal. Kalau mendapati atau melihat seseorang yang gelagatnya mencurigakan, segeralah melapor kepada aparat keamanan terdekat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Sangihe, AKBP I Made Dewa Adyana SIK SH yang turut serta dalam kunjungan itu, mengimbau warga perbatasan, agar tidak terpengaruh dengan peristiwa yang terjadi di Kota Marawi Filipina Selatan.

“Seluruh pulau perbatasan telah ditempatkan aparat keamanan, dari TNI dan Polri untuk menjaga keamanan, oleh karena itu, diharapkan warga tidak cemas,” ujarnya. Diharapkannya pula, peran serta seluruh masyarakat untuk melaporkan kepada aparat terdekat, bilamana mendapati atau melihat orang asing dengan gerak-gerik yang mencurigakan. “Langsung lapor kepada aparat terdekat,” pinta Pamen Polri yang dikenal dekat dengan masyarakat dan para kuli tinta itu. (nal)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional