Menu

Waduh.. Pelaku Pengrusakan PT CNSC Bolmong Akan Bertambah

  Dibaca : 400 kali
Waduh.. Pelaku Pengrusakan PT CNSC Bolmong Akan Bertambah
BERI KETERANGAN: Kapolda Sulut Brigjen Pol Bambang Waskito bersama Kabid Humas Kombes Pol Ibrahim Tompo saat menggelar jumpa pers.

MANADO — Kasus dugaan pengrusakan perusahaan semen asal Tiongkok, PT Conch North Sulawesi Cement (CNSC), diseriusi Polda Sulut. Meski telah ada kesepakatan antara pihak perusahaan dan Pemkab Bolmong, namun tindak pidana akan terus diusut. Hal ini dikatakan Kapolda Sulut Brigjen Pol Bambang Waskito di Ruang Spripim Kapolda, Selasa (13/6).

“Saya nyatakan saya tidak akan menghentikan. Ini masalahnya pidana! Yang saya sorotin di sini adalah pengrusakannya. Pidananya. Ini bukan delik aduan, tidak ada pengaduan pun saya periksa,” tegas Waskito, kemarin.

Mantan Kapolda Jabar ini menambahkan, saat ini pihaknya telah menahan tiga tersangka yang diketahui Satpol PP Pemkab Bolmong.

“Nanti mungkin berkembang lagi delapan (tersangka). Kita akan panggil sampai panggilan kedua, ketiga, dan sampai panggilan paksa. Kita akan telusuri siapa aktor intelektualnya,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo. Ia menjelaskan, penghentian perkara hukum tersebut harus ada SP3 dari kepolisian.

“Harus ada gelar perkara khusus. Hanya ada dua hal, perkara bisa dihentikan, yaitu tersangkanya meninggal dunia dan apabila kasus tersebut bukan pidana,” ujarnya.

Beberapa Aparat Sipil Negara (ASN) melakukan penyegelan pabrik semen PT CNSC. Namun dalam penyegelan, diduga terjadi tindak pidana kekerasan dan pengrusakan Senin (5/6/2017) lalu. Sebanyak 11 unit bangunan mengalami rusak, 240 kaca jendela pecah dan 100 daun pintu rusak parah. Diduga dengan sengaja para ASN itu mengamuk, lantaran PT CNSC tak melengkapi izin penambangan. (air)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional