Menu

Tiga Desa Bolsel Diterjang Banjir

  Dibaca : 513 kali
Tiga Desa Bolsel Diterjang Banjir
Tiga desa dihantam banjir susulan. Tampak genangan air di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian.

BOLSEL—Intensitas curah hujan yang tinggi menguyur Bolsel, Selasa (11/9) malam, mengakibatkan tiga desa diterjang banjir susulan. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Tiga desa yang terendam air, Desa Toloyon dan Linawan Kecamatan Pinolosian serta Desa Tabilaa Kecamatan Bolaang Uki.

“Hasil pantau kami, tiga desa yang dilanda banjir susulan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Yamin Ismail melalui Kasubid Tanggap Darurat Nurdin Patadjenu, Selasa (12/9).

Dari 7 kecamatan di Bolsel, Kecamatan Pinolosian Tengah dan Pinolosian Timur merupakan wilayah paling rawan banjir dan tanah longsor. Namun kata Nurdin, dua wilayah tersebut masih kondusif.

“Banjir susulan tidak separah banjir sebelumnya. Tapi, masyarakat harus tetap waspada. Terlebih yang tinggal di bantaran sungai. Saat ini, status tanggap darurat masih berlaku,” ujar Nurdin.

Terkait kondisi cuaca di Bolsel, Bupati Hi Herson Mayulu menegaskan, agar seluruh sangadi standby di wilayah masing-masing.

“Banjir dan tanah longsor yang terjadi merupakan siklus lima tahunan di Bolsel. Sangadi merupakan perpanjangan tangan pemerintah daerah. Para sangadi saya minta stand by di wilayah karena kondisi cuaca saat ini belum stabil,” tegas bupati belum lama ini.

Di sisi lain, bupati menjelaskan terkait penyaluran bantuan. Menurutnya, sebelumnya pemberian bantuan masih gelondongan. Tapi, sekarang sudah sudah by name by adrres.

“Ini yang harus dipahami masyarakat. Sangadi selaku perpanjangan tangan pemerintah daerah, harus menjelaskan kepada masyarakat. Selain itu, jika ada isu berkembang di tengah masyarakat, sangadi harus mampu memberikan pemahaman dan solusi bagi masyarakat. Jangan terkesan cuek dengan berbagai persoalan yang muncul,” ujar bupati dua periode ini. (lel)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional