Menu

Pengurai Lalu Lintas di Maumbi, Ring Road-Soekarno Segera Dibuka

  Dibaca : 77 kali
Pengurai Lalu Lintas di Maumbi, Ring Road-Soekarno Segera Dibuka
Ruas jalan dari Soekarno ke Ring Road II hampir selesai dibangun. Tinggal menunggu pembenahan di sejumlah titik, dan akan dibuka Desember.

IPM— Pembangunan ruas jalan Matungkas-Ring Road atau Patung Soekarno ke Ring Road II dipastikan akan selesai Desember ini. Persoalan lahan yang jadi penghambat percepatan pekerjaannya, telah diselesaikan Pemkab Minut sebagai penanggung jawab pembebasan lahan.

“Iya, dua minggu lalu sudah beres. Sebelum itu, peralatan (alat berat) tidak bisa masuk di situ karena dihalangi pemilik lahan. Lokasinya ada di tengah-tengah proyek,” ujar PPK 06 Satker Wilayah I Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV John Keles kepada Indo Post, di sela penanaman pohon Hari Bakti PU ke-72, di Sungai Girian, Selasa (28/11).

Menurutnya, realisasi fisik pekerjaan sudah di atas 80 persen. Bahkan jalur kiri (dari arah Jalan Soekarno) sudah diaspal. “Sebenarnya di jalur kiri itu sudah akan diuji coba open traffic, tapi kami masih khawatir banyak material untuk saluran masih di bahu jalan,” kata Keles. “Kalau sudah mulai berkurang (material), perlahan kita akan coba buka waktu dekat-dekat ini,” tambahnya.

Kepala Satker Wilayah I Ruddy Waani menambahkan, memang di awal perjalanan pekerjaan itu ada beberapa bidang lahan yang masih ‘ditahan’ oleh pemilik. Sehingga, kontraktor hanya mengoptimalkan pekerjaan di lokasi-lokasi yang sudah beres lahannya. “Di akhir-akhir masih ada dua bidang yang masih bertahan. Tapi sekarang sudah beres. Sekarang kita pacu karena sudah harus kelar Desember, apalagi cuaca saat ini lebih banyak hujan yang menghambat pekerjaan,” ujar Waani di kesempatan yang sama.

Sementara itu, Kepala BPJN XV Riel Mantik mengungkapkan, pembangunan jalan alternatif dari Manado ke Minut dan Bitung itu terwujud tahun ini berkat sokongan Pemkab Minut dan Pemprov Sulut khususnya Gubernur Olly Dondokambey. Sebab, di tahun sebelumnya gagal dibangun karena lahan belum beres, dan dananya ditarik kembali pemerintah pusat.  “Setelah ada jaminan lahan sudah beres, kami dibantu Pak Gubernur untuk melobi agar dananya dianggarkan lagi 2017. Puji Tuhan bisa terwujud, sampai saat ini tinggal menunggu dimanfaatkan,” ujarnya.

Berita Terkait :  Kisah Pilu Opa asal Bitung, 24 Tahun Ditemani Lampu Botol di Gubuk Reot

Dia menjelaskan, Jalan Ring Road-Soekarno yang memanjang dari Ring Road II hingga Polres Minut itu menjadi alternatif karena padatnya lalu lintas di Jalan Manado-Airmadidi. Dan, jalan yang sedang dibangun saat ini mewujudkan penguraian kemacetan yang terjadi sepanjang Interchange-Maumbi karena bottle neck di Jalan Manado-Maumbi itu.

Sekadar referensi, pembangunan Jalan Matungkas-Ring Road itu dibiayai APBN 2017 dengan nilai Rp17,921 miliar. Proyek jalan sepanjang 1,3 kilometer dengan desain 2 jalur 4 lajur itu dikerjakan oleh PT. Mykanta. “Mudah-mudahan cepat dibuka, supaya kami yang dari Winangun ke Bitung lebih cepat karena tidak ikut macet di Maumbi dari Jembatan Interchange,” imbuh Roland, seorang karyawan swasta. (baz)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional