Menu

Perkasa! Sumendap-Tatong Borong SK Parpol Daftar di KPU

  Dibaca : 121 kali
Perkasa! Sumendap-Tatong Borong SK Parpol Daftar di KPU

IPM– Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 untuk enam kabupaten/kota di Sulawesi Utara (Sulut) telah menciptakan rekor sekaligus sejarah. Pasalnya, terdapat dua daerah yang berhasil didukung mayoritas parpol di parlemen. Di Pilkada Minahasa Tenggara (Mitra), pasangan Calon Bupati (Cabup) James Sumendap- Calon Wakil Bupati (Cawabup) Jocke Legi (JS-JO) didukung delapan partai politik (parpol). Kemudian, Pilkada Kotamobagu, Calon Wali Kota Tatong Bara dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan (TB-NK) diusung sembilan parpol. Menariknya lagi, pasangan JS-JO dipastikan hanya akan melawan kotak kosong. Karena, tidak ada pasangan calon (paslon) lain akan mendaftar. Sedangkan, di Kotamobagu Jainuddin Damopolii-Suharjo Makalalag berpeluang melawan TB-NK sebab sudah mendaftar di jalur perseorangan.

Pengamat politik Sulut, DR Ferry Liando mengungkapkan, apabila pasangan JS-JO tidak ada lawan di Pilkada Mitra, hal itu secara konstitusional, calon tunggal dijamin Undang-Undang (UU). Malahan telah diperkuat dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (mk). Namun calon tunggal itu tidak sesuai karakter demokrasi. Salah satu prinsip demokrasi adalah adanya kompetisi atau persaingan.

“Namun secara politik, seorang James Sumendap patut diacungi jempol. Karena bisa merangkul semua parpol dijadikan satu kekuatan untuk medukungnya. Nah, kalau calon melawan kotak kosong, otomotasis tidak mencerminkan prinsip itu. Karena tidak ada yang disaingi. Mengapa terjadi kotak kosong? Ini akibat masukannya parpol. UU Nomor 2 tahun 2011 tentang parpol menyebutkan bahwa tugas parpol itu adalah merekrut anggota masyarakat untuk menjadi kader politik. Kader-kader itu dipersiapkan untuk menjadi calon pemimpin publik. Jadi tugas parpol itu yang memproduksi calon-calon pemimpin. Kalau akhirnya parpol tidak punya calon sendiri, lalu hanya mendukung calon yang telah diusung parpol lain. Ini tandanya parpol mandul atau parpol impoten. Tidak produktif. Padahal ada anggaran negara (milik rakyat) yang disubsidi untuk membiayai tugas-tugas parpol dalam melahirkan calon-calon pemimpin publik,” jelas Liando, Senin (8/1/18).

Berita Terkait :  Sumendap Sedih karena Tidak Ada Lawan di Pilkada Mitra

Di sisi lain, kata Liando, di Pilkada Kotamobagu Tatong tetap akan dominan. Namun dominannya itu bukan karena diusung dan didukung banyak parpol. “Tatong masih dominan karena beliau incumbet. Kemudian, lawan politik yang tidak sepadan,” tuturnya.

Kembali ke pendaftaran calon Senin (8/1/18), pasangan JS-JO mendatangi KPU sekira pukul 04.30 dengan dukungan delapan parpol. Di antaranya PDIP, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerinda, PAN, Partai PKPI, Partai Hanura dan Partai Gerindra diterima langsung Ketua KPUD Mitra Drs Ascke Benu di ruang verifikasi.

Menurut Cabup James Sumendap SH kepada sejumlah media mengatakan, sangat mengapresiasi terhadap parpol yang telah mengusung pasangan JS-JO dalam pendaftaran di KPU. “Saya secara pribadi memberikan apresiasi terhadap kedelapan parpol yang bersama-sama datang memberi dukungan terhadap diri saya bersama Jeli (Jesaja Legi),”ujar JS disela-sela pendaftaran, kemarin.

Turut ikut mengantar JS-JP, Ketua PAN DPW Sehan Landjar, Ketua PKPI Fanly Mokolomban bersama Sekertaris Chres Powa, Sekertaris DPD I Partai Golkar Tonny Lasut, Ketua Harian Partai Demokrat Sulut James Karinda, bersama Sekertaris DPD PDI Perjuangan Franky Donny Wongkar.

Di sisi lain, KPU Kotamobagu menerima berkas pendaftaran calon dan SK dukungan partai politik untuk pasangan TB-NK. Ketua KPU Kotamobagu Nova Tamon menyampaikan pihaknya sudah menerima berkas untuk syarat pasangan bakal calon Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan, yang akan maju sebagai peserta dalam Pilkada Kota Kotamobagu. “Kami sudah menerima berkas, sekaligus syarat dukungan partai politik yakni 8 SK partai pengusung yang memiliki kursi di DPRD Kotamobagu, serta 1 partai pendukung,” ucapnya.

Lanjut, Nova setelah ini akan dilakukan pemeriksaan lagi apakah ada yang perlu dilengkapi atau tidak. “Jika sudah lengkap, akan dilanjutkan pada tahapan pemeriksaan kesehatan yang dimungkinkan akan dilanjutkan pada 12 Januari mendatang,” ungkapnya.

Berita Terkait :  Tarung Pilkada, Tatong Siap Komunikasi Dengan Partai Lain

Terpisah, Calon Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara mengucap terima kasih atas sambutan dari penyelenggara yakni KPU Kotamobagu, serta partai politik yang ada di Kota Kotamobagu yang memiliki wakil rakyat di DPRD Kotamobagu. Karena, dengan SK yang diberikan merupakan kepercayaan maju dalam Pilkada Kotamobagu periode 2018-2023. “Terima kasih khususnya kepada masyarakat yang ikut menyaksikan proses penyerahan berkas pendaftaran di KPU, serta terima kasih juga kepada tokoh masyarakat yang hadir, sekaligus terimah kasih kepada petinggi petinggi partai politik baik di tingkat pusat, provinsi dan Kotamobagu,” ujarnya.

Turut hadir TB-NK yakni Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Bolmong yang juga Ketua DPC PDIP Bolmong Yanny R Tuuk, Mantan Wakil Gubernur Sulut Abdullah Mokoginta, Ketua DPD II Kotamobagu Djelantik Mokodompit, Ketua DPC PDIP Kotamobagu Meydi Makalalag, Ketua DPC Partai Demokrat Kotamobagu Ishak R Sugeha, Ketua DPC Partai Hanura Kotamobagu Agus Suprijanta, Ketua DPC Partai Gerindra Kotamobagu Mahipal Khan, Ketua DPD PKS Kotamobagu Kadir Rumoroy, Ketua DPC PKB Kotamobagu Jusran Mokolanut, Ketua DPD Partai Nasdem Kotamobagu Syarifudin Mokodongan, Wakil Ketua DPP PAN Bidang Hubungan Internasional Bara Hasibuan, Ketua DPW PKB Sulut Greety Netty Tilman. (tim/zly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional