Menu

Kasus Korupsi IMB Manado Tunggu Penetapan Tersangka

  Dibaca : 82 kali
Kasus Korupsi IMB Manado Tunggu Penetapan Tersangka

IPM — Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado tengah memproses dugaan korupsi pengurusan izin Mendirikan Bangunan (IMB). IMB tersebut menyangkup tempat usaha mall, apartemen, hotel, di tubuh Dinas Tata Kota (Distakot) Manado. Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Melly Suranta Ginting mengatakan, dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Utara (Sulut), terdapat kerugian negara mencapai Rp3 miliar. “Kerugian negara sudah ada, tapi tersangkanya belum ditetapkan,” terangnya.

Sementara itu Kejari Manado yang baru dilantik, Maryono, berjanji akan menuntaskan kasus ini. Ia menjelaskan, pihaknya masih menggenggam satu alat bukti. “Tapi kalau dua alat bukti sudah ada, kami akan rilis hasilnya. Tidak perlu teman-teman tanya, tinggal tunggu saja tanggal mainnya,” tegasnya. Diketahui, langkah penyidik Kejari Manado mengusut kasus IMB ini sejak tahun 2016 lalu. Sudah ada beberapa oknum yang diperiksa, guna mengusut indikasi korupsi yang bersembunyi di balik pengurusan IMB di Distakot Manado. Pasalnya, telah terungkap beberapa modus, di antaranya manipulasi data yang diduga merugikan kerugian negara.

Penyidik juga telah menemukan beberapa kejanggalan dalam penetapan klasifikasi. Misalnya, pembangunan mall tiga lantai dengan pembangunan klasifikasi D justru dihitung nilai masuk dalam klasifikasi C. (air)

Berita Terkait :  Support Pariwisata Manado
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional