Menu

Wah!!! Dua Mobnas Bupati Talaud Raib

  Dibaca : 162 kali
Wah!!! Dua Mobnas Bupati Talaud Raib
Nampak dua mobnas saat masih diparkir di siang hari setelah diperintah untuk dipindahkan dari lobi Kantor Bupati.

 

IPM – Dua mobil dinas (mobnas) mewah milik Bupati Talaud hilang dicuri orang tak dikenal. Yakni mobnas jenis Jeep Rubicon dan Mitsubishi Pajero. Terinformasi, mobil DL 1 itu diparkir di halaman Kantor Bupati Talaud sejak Rabu (11/4/18). Sebelumnya berada di lobi utama Kantor Bupati. Nah, sekira pukul 20.00 Wita, mobnas yang sering dipakai petahana Sri Wahyumi Manalip itu, raib entah ke mana. Apalagi bukan jam kantor.

Penelusuran Indo Post, sekira pukul 20.15 Wita, sejumlah masyarakat melihat kedua mobnas jenis Rubicon merah dan Pajero warna putih melintas arah Kecamatan Beo. Nampak jelas kedua mobil berjalan beriringan. Saat itu mobil Pajero di muka dan Rubicon di belakang. Namun sayang, dengan kecepatan tinggi sopir kedua mobnas itu tidak berhasil di identifikasi warga karena gelap.

Kejadian tersebut sangat menghebohkan wilayah Talaud dan sekitarnya. Sebab kejadian raibnya mobnas hampir bersamaan dengan proses pemindahan mobil yang dilakukan Plt Bupati Talaud Petrus Tuange.

“Kami kaget saja melihat mobil sudah dibawa lari orang tak dikenal. Hanya saja, kami tak bisa mengenali siapa pengendaranya karena mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Kemudian masalahnya lagi dalam keadaan gelap,” ujar beberapa warga yang melihat mobil tersebut.

Sementara itu, pihak Sekretariat Pemerintah Kabupaten Talaud melalui Bagian Umum resmi melaporkan hal tersebut ke SPKT Polres Talaud. Pelapor bernama Yon Sarundaitan selaku staf Bagian Umum. Nomor laporan: LP/72/IV/2018/SULUT/Res Kepl-Tld. Laporan itu diterima Bripda Roberto Andaria, petugas SPKT C Polres Talaud.

Sebelumnya diketahui, dua mobnas itu diderek paksa memakai alat berat jenis eskavator, Rabu (11/4/18). Pemindahan Mobnas dari lobi ke lapangan Kantor Bupati dilakukan berdasarkan perintah Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Talaud, Petrus Simon Tuange.

Baca Juga:  Kontroversi Bupati Sri Manalip Dibawa ke Presiden

Ya, alasan pemindahan memakai alat berat karena kunci dua mobil mewah itu kabarnya dipegang pehatana Sri Wahyumi Manalip. Nah, Manalip sedang menjalani cuti sejak tanggal 6 April 2018 melalui Surat Gubernur Sulawesi Utara Nomor: 858/1548/Sekr.Ro Pemhumas tanggal 5 April 2018. Surat itu menerangkan bahwa Manalip menjalani cuti di luar tanggungan negara setelah selesai menjalani sanksi pemberhentian sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait dengan pencalonannya kembali sebagai kepala daerah. Kemudian, mobil yang dikendarai Plt Bupati Talaud jenis Fortuner tidak bisa diparkir di lobi utama karena terhalang dua kendaraan tersebut.

Menurut Plt Bupati Petrus Tuange, merujuk pada Permendagri Nomor 74 Tahun 2016 dan Per-KPU No 47 Tahun 2017 Pasal 63 Ayat 3 sangat jelas bahwa petahana sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara telah melakukan pelanggaran seperti menahan kunci Mobnas bupati. Yakni mobil Rubicon dan Pajero Sport. Serta sengaja memarkirkan kedua kendaraan tersebut di bagian tengah area parkir yang mengakibatkan lobi utama tak bisa dipakai. Kemudian, ruang kerja serta rumah dinas bupati tetap ditutup dan kunci ruangan masih ditahan oleh petahana. Selain itu, kata Tuange, petahana juga sampai sekarang masih menguasai sedikitnya 10 unit mobnas pemerintah daerah Talaud.

“Ada 4 mobil di Manado. Itu ditaruh di rumah beliau (SWM). Kemudian 6 ada di Beo. Jumlah semua ada 10 unit. Itu di luar Rubicon dan Pajero. Nah, semua kendaraan itu masih ada di bawah penguasaan beliau (SWM),” bebernya.

Baca Juga:  Manalip Dipecat! Senduk Ketua PDIP Talaud

Terpisah, Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Talaud Herby FA Langi ketika dikonfirmasi masih enggan memberikan informasi detail. Begitu juga saat ditanya terkait keberadaan kunci mobil Rubicon, Pajero Sport, ruang kerja dan Rumah Dinas Bupati. “Saya tidak memegang kunci tersebut,” ucapnya.

Kemudian saat ditanya apakah mengetahui keberadaan kunci mobil, Herby mengatakan ada pada beliau, tanpa menjelaskan siapa yang dimaksud. “Kunci itu tidak ada pada saya. Itu ada pada beliau,” singkatnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Talaud, Jekman Wauda menerangkan, pihaknya sedang dalam pengumpulan data-data terkait dengan hal ini. “Kalau memang ada yang salah pasti pihaknya akan memproses sesuai aturan,” tuturnya usai menyaksikan pemindahan mobnas tersebut.

Ketua Divisi Teknis KPUD Talaud, Rahma Zakawerus menjelaskan segala sesuatunya akan diposes sesuai dengan peraturan perundang-undangan apabila ditemukan pelanggaran.

Diketahui, hasil penelusuran Indo Post, 10 mobnas tersebut adalah Toyota Avansa Hitam nomor polisi DL 105 B, Toyota Fortuner Hitam nomor polisi DL 101 B, dan Toyota Camri Hitam nomor polisi DL 100 B. DL 106 B jenis Nisan Terano Hitam, DL 102 B jenis Toyota Extrail, DL 8098 B jenis Toyota All New Hilux D-CAB. 2.5 E, DL 8097 B jenis All New Hilux D-CAB. 2.5 E, dan DL 8053 B jenis Ford.

Selain itu, ada juga dua mobnas atas nama Herby FA Langi, selaku Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Talaud, yang digunakan untuk operasional rumah tangga bupati di Beo. Yakni DL 2324 B jenis Honda Blade Orange Hitam, dan DL 2465 B jenis Kawasaki Trail. (man/zly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional