Menu

Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Pergantian Danyonif Raider 712/Wt dan Dandenzipur4/YKN

  Dibaca : 122 kali
Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Pergantian Danyonif Raider 712/Wt dan Dandenzipur4/YKN
PENYERAHAN : Mayjen TNI Madsuni menyerahkan Pataka kepada Letkol Inf Raja Bangun Nasution.

MANADO — Dua tampuk pimpinan di Kodam Merdeka, resmi diganti. Yakni Komandan Batalyon Infanteri Raider 712/Wiratama (Yonif 712/Wt) resmi dijabat Mayor Inf Raja Gunung Nasution menggantikan Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan. Sementara Komandan Detasemen Zeni Tempur 4/Yudha Karya Nyata (Dandenzipur 4/YKN) dijabat Mayor Czi Bhakti Yuhandika, menggantikan Mayor Czi Ibnu Muntaha.
Dalam sambutannya Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni, sebagai satuan pemukul Kodam XIII/Merdeka, Yonif Raider 712/Wira-tama harus memiliki mobilitas yang tinggi dan siap operasional setiap saat untuk dikerahkan. Mengatasi berbagai kera-wanan (trouble spot) di seluruh wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka pelaksanaan operasi militer Kodam XIII/Merdeka, baik yang bersifat OMP maupun OMSP. “Satuan Raider harus mampu mewujudkan kesiapan satuan sebagai penangkal dan penindak awal di wilayah, dan beroperasi di berbagai bentuk medan. Untuk menghancurkan musuh dengan memanfaatkan kemampuan penyerbuan pembebasan sandera, penghancuran, pertempuran jarak dekat, kemampuan Mobud dan Demolisi yang dimilikinya,” ujar Pangdam memimpin serah terima jabatan, di Markas Yonif 712/Wt, Teling, Sabtu (14/4/18).
Sedangkan Denzipur 4/Yudha Karya Nyata memiliki fungsi khusus memper-besar daya gerak, daya tempur dan manuver pasukan kawan melalui konstruksi rancang bangun secara cepat serta menghambat dan mempersulit gerak maju pasukan musuh melalui perusakan sarana dan prasarana secara cepat pula. “Tugas lain Denzipur 4/Yudha Karya Nyata yang tidak kalah pentingnya adalah melaksanakan pendeteksian dan penjinakan bahan peledak pada kegiatan Pam VVIP di wilayah tanggung jawab Kodam XIII/ Merdeka,” terang mantan Danjen Kopassus ini. Namun demikian, tetap harus diingat bahwa Yonif Raider 712/Wiratama maupun Denzipur 4/Yudha Karya Nyata adalah juga merupakan bagian dari masyarakat sosial yang keberadaannya tidak terlepas dari dinamika kehidupan masyarakat sipil di sekitarnya. “Oleh karena itu, setiap prajurit wajib memahami dan menyadari hakikat dan arti penting Kemanunggalan TNI – Rakyat sebagai implementasi jati dirinya sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional,” terangnya.
Diakhir Amanat Pangdam menyampaikan terima kasih terhadap Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan beserta istri, atas jabatan barunya sebagai Danyon Taruna Dewasa Mentar Akmil. Dan juga kepada Mayor Czi Ibnu Muntaha yang sedang menyelesaikan pendidikan Seskoad. “Terima kasih atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama memimpin Yonif Raider 712/ Wiratama dan Denzipur 4/Yudha Karya Nyata serta membina Persit Kartika Chandra Kirana di Cabang dan Ranting masing-masing,” kunci Pangdam. (air)

Baca Juga:  Siswi SMA Jadi ‘Piala Bergilir’ Tiga Pemuda

Warning: array_merge(): Argument #2 is not an array in /home/indopost/public_html/wp-content/themes/tuxtribune/inc/theme-actions.php on line 357
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional