Menu

Satu Batalyon Pasukan Elit TNI AD Resmi Dibawah Kodam XIII/Merdeka

  Dibaca : 93 kali
Satu Batalyon Pasukan Elit TNI AD Resmi Dibawah Kodam XIII/Merdeka
SALAM KOMANADO: Pangdam XIII/Merdeka bersama Danrem 131/Santiago dalam upacara pengalihan Kodal, di Mayonif 712/Wt.

MANADO — Batalyon Infanteri Raider 712/Wiratama resmi kini dibawah komando Kodam XIII/Merdeka. Hal ini terungkap dalam upacara alih Komando dan Pengendalian (Kodal) di markas Yonif Raider 712 Wiratama Jalan 14 Februari, Teling, Sabtu (14/4) lalu. Sebelumnya, Yonif 712/Wt merupakan salah satu pasukan elit TNI AD berada di dalam komando Korem 131/Santiago.
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni dalam sambutan mengatakan, Yonif Raider 712/Wiratama akan menjadi satuan pemukul Kodam. “Hal ini telah di-programkan sejak lama, yakni bersamaan dengan pengaktifan kembali Kodam XIII/ Merdeka pada tanggal 20 Desember 2016,” terangnya.
Sebagai gantinya, menurut mantan Danjen Koppasus, akan segera dibentuk batalyon infanteri baru di bawah kendali Korem 131/Santiago di Sangihe, yang sekaligus diproyeksikan untuk memperkuat gelar pasukan di daerah perbatasan.“Untuk itu, para unsur komando dan staf di Korem 131/Santiago dan di Yonif Raider 712/Wiratama harus segera menyesuaikan diri dengan prosedur hubungan staf dan komando yang baru agar koordinasi antar satuan jajaran dan dengan Kodam XIII/ Merdeka dapat tetap berjalan dengan tertib dan lancar. Ikuti mekanisme hubungan kerja dan koordinasi yang selama ini sudah terlaksana dengan baik,” katanya.
Diketahui, Raider adalah satu batalyon pasukan elit infanteri Tentara Nasional Indonesia (TNI). Sebagai kekuatan penindak, kekuatan satu batalyon raider (yonif/raider) setara tiga kali lipat kekuatan satu batalyon infanteri (yonif) biasa di TNI Angkatan Darat. Unit infanteri ini dilatar-belakangi dengan taktik pertempuran “Raid” (“Depredasi'”). Mereka dilatih untuk melakukan penyergapan dan mobil udara, seperti terjun dari Helikopter. 50 orang personel di antara 747 orang personel dalam satu batalyon Raiders memiliki kemampuan anti teror dan keahlian-keahlian khusus lainnya. Keahlian tersebut mereka dapatkan setelah mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Pasukan Khusus yang bertempat di Batujajar, Jawa Barat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan pasukan raiders. (air)

Berita Terkait :  Pengucapan Ricuh, Usus Pria Mandolang Terburai
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional