Menu

Olly Cawapres Jokowi, Pengamat: Peluang Besar, Representasi Indonesia Timur

  Dibaca : 49 kali
Olly Cawapres Jokowi, Pengamat: Peluang Besar, Representasi Indonesia Timur

IPM – Kiprah Olly Dondokambey (OD) di dunia politik, tak perlu diragukan. Betapa tidak, Olly telah diperhitungkan di kancah nasional. Ya, Olly sekarang menjabat Bendahara Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gubernur Sulut. Olly juga memiliki pengalaman di parlemen. Tiga periode (2004-2019) dipercayakan masyarakat Sulut menjadi wakil wakyat di Senayan (lihat grafis). Ternyata, segudang pengalaman Olly berkiprah di pusat, membuat sejumlah organisasi pro NKRI mendukungnya maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres). Tidak lain, mendampingi Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

Pernyataan dukungan ini, disampaikan melalui spanduk yang dibentangkan di depan salah satu rumah yang terletak di bilangan Kelurahan Roong Tondano bertuliskan, “Olly Dondokambey Calon Wakil Presiden RI Mendampingi Ir Joko Widodo Masa Bakti 2019-2024 Calon Utusan Dari Indonesia Timur.”

Menurut Panglima Laskar Penegak Kebangsaan Sulut,  Drs Dolfy Kotambunan (Beres), pihaknya telah bersatu hati mendukung Gubernur Sulut, Olly Dondokambey maju mendampingi Jokowi.

“Ini merupakan aspirasi kami sendiri. Tidak ada campur tangan pihak manapun. Karena ini merupakan tahun politik. Untuk itu, kami mengusulkan calon wakil presiden kepada Olly Dondokambey. Selain itu, bapak Olly merupakan tokoh nasional, tokoh nasional yang juga merupakan bendahara DPP PDIP. Juga termasuk anak kesayangan Joko Widodo dan Ibu Megawati selaku Ketua Umum PDIP,” aku Kotambunan didampingi Ketua Blank-Blank Comunitas, Jhon Warouw, kepada Indo Post, Senin (16/4/18).

Kotambunan berharap agar pencalonan Olly sebagai Wapres didukung semua pihak. “Marilah sama-sama kita mendukung pak Olly. Karena ini merupakan kebanggaan. Kita tahu bersama, ibu Megawati penentu dan pak Olly juga memiliki strategi yang baik sebagai pemimpin,” semburnya.

Sebagai perwakilan dari Indonesia Timur, lanjut Kotambunan, Olly sangat layak dan pantas. “Dari Indonesia Timur, siapa lagi selain pak Olly. Dan siapa lagi pengganti DR Sam Ratulangi kalau bukan Olly Dondokambey. Ini merupakan inisiatif kami sebagai warga dan juga Laskar Penegak Kebangsaan, Jas Merah, Peduli Rakyat, Blank-Blank dan Beres Comunity Sulut,” kunci Kotambunan.

Berita Terkait :  GSVL Kumpul Khusus PPK se-Manado di Dinas PUPR, Ini Alasannya

Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut, Stefanus Sampe PhD menuturkan, semua kandidat punya hak dicalonkan atau mencalonkan diri menjadi Wapres. Namun, setiap orang memiliki peluang yang berbeda. “Menurut saya Olly Dondokambey punya peluang besar kalau dicalonkan PDIP,” ucap Sampe.

Lanjut akademisi Fispol Unsrat ini, Olly termasuk kader partai yang teruji dan memiliki pengaruh. “Bukan hanya di internal partai, tetapi juga di luar partai dan juga memiliki posisi menentukan dalam dinamika politik nasional,” tukasnya.

Selain itu, kata Sampe, Olly memiliki peluang besar dan bisa jadi representasi dari Indonesia Timur. “Jika iya diusung, maka akan sangat kuat. Karena, mewakili Indonesia Timur,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Fraksi PDIP DPRD Sulut, Tedy Kumaat mengungkapkan, misalnya Olly diusung menjadi Wapres maka akan punya kewenangan yang lebih besar. “Ruang lingkup lebih besar. Sulut dan Indonesia,” ungkap Kumaat.

Dari sisi kader, kata Kumaat, Olly bukan hanya tokoh daerah. Namun juga merupakan tokoh nasional. “Beliau juga Bendum (Bendahara Umum) PDIP dua periode berturut-turut. Beliau juga pernah Wakil Ketua Banggar di DPR RI. Jadi, misalnya dia menjadi Wapres itu sangat bagus,” katanya.

Kumaat pula mengaku sangat setuju bila Olly menjadi Wapres. “Saya sangat setuju,” tutupnya. (rma/trs/zly)

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional