Menu

Dinkes Bitung Awasi Kualitas Air di Depot Pengisian Ulang

  Dibaca : 51 kali
Dinkes Bitung Awasi Kualitas Air di Depot Pengisian Ulang
Kadis Kesehatan, dr. Franky Soriton

IPM – Banyaknya kehadiran depot air isi ulang saat ini diperlukan adanya fungsi pengawasan, terutama berasal dari Dinas kesehatan (Dinkes) karena air minum isi ulang sejatinya tidak mempunyai bau, berasa dan berwarna.

“Kami dari dinas selalu melakukan pengawasan dan pantauan setiap tiga bulan sekali ke depot-depot isi ulang, baik kelengkapan secara administrasi maupun tes kadar pH yang terkandung didalamnya,”ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr. Franky Soriton, Kamis (19/4/18).

Menurutnya, salah satu fungsi air adalah mendorong keluar racun dalam tubuh, sehingga untuk pH air yang layak untuk dikomsumsi adalah antara 6,5 – 8,5, karena jika air dengan pH dibawah 6,5 sifatnya asam dan kurang baik pada tubuh manusia.

Baca Juga:  Kisah Pilu Opa asal Bitung, 24 Tahun Ditemani Lampu Botol di Gubuk Reot

“Untuk mencegah jangan terjadi hal-hal yang buruk terkait kesehatan saat kita mengkomsunsi air isi ulang, diharapkan agar masyarakat meneliti surat-surat yang dipampang didinding setiap depot isi ulang. Karena setiap depot isi ulang wajib memperlihatkan kelengkapan surat kepada masyarakat baik izin-izinnya, terutama kelayakan air berdasarkan hasil pantauan dari dinas kesehatan setiap tiga bulan sekali,”imbaunya.

Sebab kata Franky, setiap tiga bulan sekali pihaknya mengeluarkan surat layak tidaknya air di depot. “Karena setiap tiga bulan dinas kesehatan mengeluarkan surat layak tidaknya air di depot tersebut untuk dikomsumsi masyarakat,” tutupnya.(ray)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional