Menu

JWS di Ujung Tanduk, Dondokambey-Mayulu Kans Senayan dari PDIP

  Dibaca : 96 kali
JWS di Ujung Tanduk, Dondokambey-Mayulu Kans Senayan dari PDIP

IPM – Pemilihan Legislatif (Pileg) akan dihelat 2019 mendatang. Persaingan ketat akan terjadi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pasalnya, beberapa nama top elit politik partai berlambang banteng moncong putih maju bertarung. Terinformasi, mantan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, telah mendaftar sebagai calon legislatif (Caleg) DPR. Namun, berbagai pengamat menilai nasib JWS di politik tengah berada di ujung tanduk. Karena persaingnya begitu berat.

Sebut saja, incumbent Bupati Bolsel juga Ketua DPC PDIP, Herson Mayulu. Kemudian Adriana Dondokambey sekarang menjabat anggota DPRD Sulut juga Ketua Baguna Sulut, organisasi sayap PDIP. Adriana juga merupakan kakak kandung Ketua PDIP Sulut juga Bendahara DPP, Olly Dondokambey. Kemudian, ada Vanda Sarundajang dan Richard Sualang.

Pengamat politik dan pemerintahan Sulut, Dr Stefanus Sampe PhD menuturkan, persaingan di PDIP memang ketat. Karena saingan Adriana sama saja menghadapi Olly. Jadi memang sengit. Dia (JWS) tinggal berharap suara di Minahasa. Karena suara Bolmong pasti jatuh ke Herson.

“Itu pun kalau di Minahasa paling ia bersaing Adriana. Karena ROR–RD yang dukung menjadi bupati didukung Olly Dondokambey. Jadinya kalau ROR-RD berhasil menang, berarti akan besar kemungkinan mendukung Adriana. Ada timbal balik. Bukan sebaliknya memberi dukungan ke JWS,” jelasnya.

“Prinsipnya, sekarang sudah bukan petahana di Minahasa. Siapa pun yang jadi bupati nantinya beliau (JWS) sudah hilang power,” sambung Sampe.

Selain itu, kata Sampe, ke depan tergantung pendekatan saat kampanye. Sebab, pemilih memiliki beberapa tipe. Kalau pemilih setia ke partai, maka lanjut Dosen Pascasarjana Unsrat ini, akan dipilih pada nomor urut satu. Siapa pun yang diusung partai untuk pemilih loyalis akan memilih nomor urut satu.

Berita Terkait :  Akhir Pekan Ini, Ratusan Guru se-Sitaro Kumpul di Tagulandang

“Faktor urutannya juga menetukan juga. Apalagi pemilih yang hanya melihat parpol. Preferensi pemilih juga mempengaruhi. Sebab itu juga menjadi bahan pertimbangan atau refensi pemilih,” urainya.

Kalau asumsinya PDIP 2019 hanya mendapatkan dua kursi, maka kata Sampe, Herson dan Adriana yang berpotensi unggul duduk di Senayan.

“Jika head to head, Herson dan Adriana yang unggul. Karena JWS tidak pegang posisi kunci di kabupaten maupun provinsi. Meski begitu, kalau nama, JWS juga belum tentu unggul dengan dua calon itu,” pungkasnya.

Sementara itu, pengamat politik Bolaang Mongondow Raya (BMR) Muhamad Jabir mengatakan, sosok figur Herson Mayulu sangat berpeluang maju dalam Pileg DPR RI. “Dengan pengalamannya menjabat dua periode, tentu H2M lebih memahami kebutuhan masyarakat yang harus diperjuangkan di tingkat pusat,” kata Jabir via telepon.

Menurut Jabir, Pileg DPR tentu akan dilirik sejumlah pimpinan daerah yang sudah menjabat dua periode. Otomatis katanya, basis akan terkotak-kotak. “Tapi, H2M memiliki basis massa yang jelas di Bolsel maupun daerah lain yang bisa mengantarkan beliau ke senayan. Peluang untuk Herson sangat besar,” kata Jabir.

Selain itu, politisi partai berlambang moncong putih ini, juga mendapat dukungan dari sejumlah kepada daerah.

“Saya mendukung kakak Oku secara khafah. Khusus Boltim, saya berusaha mendapat 50 ribu suara untuk H2M,” ucap Bupati Boltim Sehan Salim Ladjar (SSL) dalam mempertegas dukungannya.

Hal serupa disampaikan Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh. Menurut Depri, sudah lama dirinya menginginkan ada kader terbaik BMR yang bisa diandalkan untuk mengawal aprirasi rakyat di DPR. Setelah mengetahui Herson akan mencalonkan diri katanya, dirinya merasa senang dan bangga. “Kali ini saya merasa legah. Orang itu adalah papa Ven (sapaan akrab H2M,red). Sesuai perintah partai (PDIP) beliau akan maju mencalonkan diri pada pemilihan DPR RI 2019 mendatang,” ucap Depri.

Berita Terkait :  Astaga!!! PDIP Sitaro (Mulai) Tidak Kompak

Terpisah, Wakil Ketua DPD PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Lucky Senduk menuturkan, untuk sementara masih tahapan pejaringan dan penyaringan. PDIP ada tiga pintu masuk, yakni DPC, DPD dan DPP. Minggu ini tahapan memasukan formulir pendaftaran. “Untuk DPD baru Adriana Dondokambey dan JWS, Vanda Sarundajang serta Richard Sualang. Sementara, Herson mendaftar ke DPP,” katanya.

Pileg 2014 lalu PDIP memiliki dua kursi. Dan Pileg 2019 PDIP menargetkan tiga kursi. “Semua punya peluang di antara keenam calon. Karena enam calon yang diusung semua mendapatkan peluang yang sama untuk mendapatkan tiga kursi,” jelasnya.

Di sisi lain, Komisioner KPU Sulut, Ardiles Mewoh mengatakan, jatah kursi di DPR tergantung pembagian kursi. Untuk mendapatkan kursi di DPR tetap suara terbanyak.

“Suara partai dibagi dengan perolehan suara. Yakni pembagagian 1,3,5,7. Dan, siapa yang mendapatkan suara terbanyak lah yang memperoleh kursi,” jelas Mewoh.

Menurutnya, tergantung jumlah perolehan suara masing–masing partai. Kan, kata Mewoh, ada partai–partai kecil lainnya yang bisa berpotensi memiliki suara. “Jadi musti dihitung terlebih dahulu perolehan suara baru ketahuan berapa kursi,” terangnya.

Misalkan ada partai yang memperoleh 80 ribu suara, jelas Mewoh, belum tentu akan mendapatkan satu kursi di Senayan.

“Tergantung perolehan partai lain. Jadi tidak ada harga satu kursi. Harga satu kursi itu ditentukan bilangan pembagi 1,3,5,7 itu. Kalau dulu kan suara sah dibagi jumlah kursi. Kalau sekarang berbeda. Pembagian suara terbanyak berturut–turut yang mendapatkan kursi,” tutupnya.

Sementara, Adriana Dondokambey saat dimintai tanggapannya mengungkapkan, masih menunggu keputusan partai. “Sekarang menunggu penugasan partai,” ucapnya.

Kemudian Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu saat dikonfirmasi maju atau tidak dalam pemilihan DPR 2019 mendatang, sosok religius ini hanya memberi tanggapan singkat. “Menunggu perintah partai,” singkat bupati pertama pilihan rakyat ini. (tim/zly)

Berita Terkait :  Bupati Tegaskan Tolak Indomaret dan Alfa Mart
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional