Menu

Terobosan SMPN 2 di Malola Bikin USBK Pertama se-Minsel

  Dibaca : 226 kali
Terobosan SMPN 2 di Malola Bikin USBK Pertama se-Minsel
Kepsek SMPN 2 Kumelembuai Drs Jesaya Rondonuwu memantau pelaksanaan USBK.

IPM – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kumelembuai di Desa Malola, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melakukan terobosan baru dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Yakni melaksanakan Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK). Terinformasi, USBK ini menjadi pertama di Minsel. Bahkan masih langkah dilakukan SMP se-Sulut.

“Ide awal ini memang berawak dari rapat bersama dengan guru-guru. Karena sekolah kita sudah menerapkan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) waktu lalu, maka sudah sepantasnya mencoba melakukan USBK,” ujar Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 2 Kumelembuai di Malola, Drs Jesaya Rondonuwu, saat diwawancarai Indo Post, Senin (21/5/18).

Dikatakan Rondonuwu, pelaksanaan USBK untuk kelas VII dan kelas VIII dilangsungkan selama seminggu (Senin-Sabtu).

“Total siswa berjumlah 80. Ujiannya menggunakan pilihan ganda dan uraian. Kemudian, sistem ujian dilakukan secara shift (bergantian). Karena jumlah computer 18 unit. Ditambah dengan laptop milik guru-guru,” katanya.

Selain itu, Rondonuwu menjelaskan, tujuan pelaksanaan USBK yakni melatih siswa saat menghadapi UNBK mendatang.

“Kalau sudah biasa melakukan ujian dengan komputer maka akan mudah bagi siswa mengikuti UNBK. Nanti tidak ada ragu-ragu lagi kalau mengisi jawaban UNBK. Karena sudah belajar dari pengalaman mengikuti USBK. Prinsipnya, kami berharap ke depannya siswa-siswi bisa terlatih dari sekarang. Supaya ketika lanjut sampai perguruan tinggi sudah bisa menggunakan komputer. Tidak gaptek lagi,” tandasnya. (zly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional