Menu

Guru Honor-THL Sulut Terima THR

  Dibaca : 290 kali
Guru Honor-THL Sulut Terima THR
Sekprov Sulut, Edwin Silangen

IPM – Kabar gembira untuk guru honorer dan tenaga harian lepas (THL) di Sulawesi Utara (Sulut). Pasalnya, guru honorer akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menyambut Idul Fitri 2018. Memang, penyaluran akan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. Serta memperoleh persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Menurut anggota Komisi IV DPRD Sulut, Meiva Lintang, para guru honor harusnya juga mendapatkan THR. Apabila dalam penataan di pusat, para guru honor tidak bisa mendapatkan maka nasib mereka harus diperhatikan pemerintah daerah (pemda).

“Kalau seandainya dari pusat tidak dapat mengatur hal itu maka provinsi harus perjuangkan. Jadi tidak harus tergantung dari dana APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara). Bukan tidak mungkin pemerintah daerah bisa beri THR dengan gaji pokok,” ungkap Lintang, Minggu (27/5/18).

Baca Juga:  Dana BOS 124.5 Miliar ‘Tatono’ di Dikda Sulut, 3.344 Kepsek Menjerit

Lanjut politisi Partai Golkar ini, pemberian THR kepada guru honorer bisa dilakukan dengan membuat aturan di daerah. Yakni diakomodir lewat pembuatan Peraturan Gubernur (Pergub).

“Jadi tergantung dari kebijakan pemda setempat. Barangkali kami juga dari DPRD bisa memperingatkan hal itu ke Pemprov (Pemerintah Provinsi) bagaimana nasib dari para honor,” pungkas wakil rakyat daerah pemilihan Nusa Utara itu.

Lanjutnya, para guru honor harus menjadi perhatian pemerintah. Hal itu karena mereka memiliki peranan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. “Nanti itu akan saya tanyakan di parlemen bagaimana nasib guru honor. Apakah boleh diberikan THR karena mereka ada banyak,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Sulut, Grace Punuh, melalui Kabid Artur Tumipa mengatakan, untuk tenaga honor ada THR. “Sekitar dua ribuan guru honor di Sulut. Dan, semua mendapatkan THR,” pungkasnya seraya menambahkan bahwa data lengkapnya berapa per orang ada dalam dokumen.

Baca Juga:  Tatong-Nayodo Dilantik 25 September, Dirjen Otda Pastikan SK Terbit Hari Ini

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulut Edwin Silangen mengungkapkan, untuk THL akan mendapatkan THR.

“THR-nya besaran satu bulan gaji yang diterima. Anggaran sudah tertata dalam APBP Sulut,” kata Silangen. (trs/baz)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional