Menu

STIKES Halmahera Presentasikan Temuan Baru di New York

  Dibaca : 58 kali
STIKES Halmahera Presentasikan Temuan Baru di New York
DR Arend Mapanawang bersama Guru Besar Harvard Medical School of Boston Prof Xudong Huang dan DR dr Bonex dari Africa.

IPM — Ketua STIKES Halmahera, DR dr Arend Laurence Mapanawang SpPD Finasim menjadi keynote speaker pada Nanopharma Conferences 2019, di New York, Maret 2019 mendatang. Karena kampus yang dipimpinnya itu berhasil menemukan anti virus HIV/AIDS dari herbal Halmahera, yakni dari buah Tuis (Buah Golobe, red). Alumnus spesialis penyakit dalam Unsrat Manado ini menjelaskan farmasi Herbal Golobe itu untuk menginhibisi atau menghambat virus HIV/AIDS.

Mapanawang mengungkapkan adalah kebanggaan putra Loloda Halmahera yang mendapat kesempatan sebagai pembicara di ‘jantung’ Amerika Serikat itu. “Ini kesempatan yang jarang. Apalagi STIKES Halmahera dikategorikan kampus kecil di Indonesia Timur,” ungkap Mapanawang, saat diwawancarai koran ini, kemarin

Alumni Doktor UGM itu mengatakan banyak kampus besar negeri maupun swasta di Indonesia, namun STIKES Halmahera terpilih. Ini karena tidak terlepas dari riset-riset spektakuler yang dilakukan dan didukung oleh jurnal internasional IJHMCR milik STIKES Halmahera.

“Banyak kampus besar di Indonesia yang harus lebih giat memperkenalkan hasil-hasil temuan Indonesia ke mancanegara, apalagi kampus yang dibiayai negara,” ajak Mapanawang.

Setelah sukses presentasi di Las Vegas City, 19 April 2018, tahun depan kembali mendapat kepercayaan serupa di New York. “Materi kali ini tentang temuan STIKES Halmahera, di mana laor cacing laut ditemukan mengandung senyawa omega lengkap omega 3, 6, dan 9 serta protein vitamin asam lemak dan lain-lain,” urainya.

Mapanawang membeberkan, hasil penelitian ini berfungsi untuk ibu menyusui hamil yang untuk kecerdasan anak serta untuk kesehatan jantung dan otak. “Temuan tentang laor ini sudah dipatenkan. Dan, untuk daftar paten paling cepat delapan bulan hingga satu tahun rekomendasi keluar. Kalau laor daftar sejak Februari 2018,” pungkasnya.(trs)

Berita Terkait :  Aplikasi e-Puskesmas Manado Segera Dilaunching

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional