Menu

Wawali Himbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan Jelang Lebaran

  Dibaca : 25 kali
Wawali Himbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan Jelang Lebaran

IPM – Wakil Wali (Wawali) Kota Bitung Maurits Mantiri menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bitung untuk tetap waspada serta menjaga lingkungan menjelang idul fitri. “Masyarakat harus peduli lingkungan, karena intensitas atau modus sering terjadi di last minute,”ucap Mantiri, saat ditemui disela kegiatan buka puasa bersama dengan para Imam dan pengurus Badan Ta’mir Masjid se-kota Bitung, Selasa (12/6/18).

Seperti pada biasanya, kata dia, angka kriminal seperti pencurian sering terjadi menjelang lebaran karena kebutuhan yang meningkat maka akan memaksa orang untuk berbuat di luar jalur. “Karena itu, lingkungan di sekitar harus terus dipantau serta saling memberikan informasi apabila menemukan hal yang mencurigakan. Bagi warga yang akan melakukan mudik, jangan lupa menitipkan rumah kepada tetangga. Ini kan sering, karena rumah kosong ditinggal mudik, kawanan pencuri masuk,” ujarnya.

Dirinya juga menghimbau kepada kepala lingkungan dan ketua RT untuk mendata para warganya yang mudik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. “Para warga juga harus secara aktif melaporkan diri jika hendak mudik, ini dilakukan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,”tutur Wawali.

Ia menambahkan, koordinasi forum komunikasi pimpinan daerah terus diintensifkan. “Patroli pun akan dilakukan secara rutin, utamanya bagi rumah warga yang berada di kawasan perumahan. Nanti setelah diketahui rumah mana yang akan ditinggal mudik, akan dilakukan patroli dengan melibatkan Polri, Satpol PP dan pengamanan internal di perumahan itu sendiri ditambah tenaga berlapis seperti Babinkamtibnas,”jelasnya.

Selain itu, warga pun diimbau agar mengecek seluruh kondisi rumah sebelum mudik, utamanya listrik untuk mengantisipasi agar tidak terjadi konsleting listrik. “Jadi memang itu semua harus diperhatikan, demi keamanan,”pungkas Mantiri.(ray)

Berita Terkait :  Dukungan JWS ‘Abu-abu’, 16 Paslon ‘Baku Sikat’ di 6 Pilkada Sulut
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional