Menu

Mantan Bupati Hingga Eks Rektor Siap Tarung ke Senayan

  Dibaca : 43 kali
Mantan Bupati Hingga Eks Rektor Siap Tarung ke Senayan

MANADO — Perebutan kursi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, di daerah pemilihan atau dapil Sulut, bakal seru dengan hadirnya figur-figur populis. Di antaranya mantan Bupati Minsel Ramoy Markus Luntungan dan mantan Rektor Unima Philoteus Tuerah.

Kedua sosok ini dianggap menjadi pesaing berat bagi figur lain yang maju bertarung di Pemilu 2019 mendatang, seperti Ir Stefanus BAN Liow. Bisa dipastikan panas pertarungan dalam upaya merebut meraih simpati masyarakat untuk menjadi senator.

Menurut Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut Dr Ferry Liando, Luntungan dan Tuerah memiliki kans besar menjadi anggota DPD RI, mengingat keduanya memiliki basis massa yang jelas. “Pak Luntungan berpeluang karena menguasai Bitung, Minut, Minahasa hingga Minsel. Karena beliau pernah berkiprah di empat daerah itu. Nah, untuk Pak Tuerah memiliki massa dari kalangan umat Katolik. Apalagi, beliau pernah menjabat sebagai Rektor Unima. Jelasnya, banyak mahasiswa termasuk orang tua dari mahasiswa itu yang mengenal beliau,” tukas Dosen Pascasarjana Unsrat Manado ini, Selasa (10/07/18).

Bagi figur yang sudah dikenal publik, sejatinya punya peluang dipilih oleh masyarakat Sulut. “Pada dasarnya, calon yang memiliki nama besar berpeluang mendapatkan suara dominan,” tutur Liando.

Sementara itu, dikabarkan, figur-figur yang telah mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut sebagai calon anggota DPD RI, di antaranya Ramoy Markus Luntungan, Philoteus Tuerah, Stefanus BAN Liow, Jull Takaliuang, Syachrial  Damopolii, Prisilia Rondo, James Salibana dan Wiesje Rompis.

Kepada harian ini, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengungkapkan, pada hari pertama ada 5 pendaftar dan sekarang (kemarin) ada 5 pendaftar. “Jadi masih 15 yang akan kami tunggu pendaftarannya di kantor KPU untuk mendaftar anggota bakal calon DPD-RI dengan membawa dokumen persyaratan pencalonan maupun persyaratan calon,” ujarnya seraya menambahkan, hari terakhir pendaftaran, Rabu (11/07/18). “Kami menunggu hingga 24.00 WITA,” tandasnya singkat.(trs/ker)

Berita Terkait :  Wali Kota GSVL Rolling Jabatan Camat Manado

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional