Menu

Istri Olly Didorong Maju 2020, Ancaman SAS di Pilwako Tomohon

  Dibaca : 59 kali
Istri Olly Didorong Maju 2020, Ancaman SAS di Pilwako Tomohon
Rita Tamuntuan - Syerly Sompotan

IPM – Wali Kota Tomohon Jimmy Eman dan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan (SAS) akan memimpin Kota Bunga sampai 2021 mendatang. Nah, proses pemilihan wali kota (Pilwako) akan berlangsung 2020. Ya, meski dua tahun lagi tahapan pesta demokrasi itu, namun berbagai figur layak maju papan satu mulai dimunculkan. Menariknya, ada satu nama mencuat. Yakni Ir Rita Maya Taumuntuan. Rita adalah istri Gubernur Olly Dondokambey juga Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulut.

Munculnya nama srikandi asal Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan ini memang tak disangka-sangka sebelumnya. Memang banyak orang hanya mengetahui ibu Rita, sapaan akrabnya, adalah Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Ketua Umum Dewan Kesenian Provinsi Sulut. Tapi sejatinya, ia turut andil dalam memajukan pembangunan di Provinsi Sulut. Tak heran jika hal-hal tersebut membuat ia dinilai layak dan pantas dicalonkan sebagai Wali Kota Tomohon. Nah, nantinya Rita akan bersaing dengan figur-figur populis yang telah muncul sebelumnya. Seperti SAS, Syennie Watoelangkow, Wenny Lumentut, Carol Senduk dan Johny Runtuwene.

“Ibu Rita layak dan pantas diusung menjadi calon wali kota di Pilkada Tomohon 2021 mendatang. Saya yakin dengan kepemimpinannya, pembangunan Kota Tomohon akan lebih baik lagi dan berkembang pesat,” tukas tokoh masyarakat Kota Tomohon Niko Kamuh kepada wartawan media ini, Sabtu akhir pekan lalu.

Menurutnya, pasca Jimmy Eman, Kota Tomohon butuh pemimpin perempuan. “Jangan hanya didominasi laki-laki, perempuan juga bisa jadi pemimpin dalam hal ini wali kota,” tandas om Niko, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, ia mengaku terkesan dengan Keluarga Dondokambey-Tamuntuan. Ada dua hal yang dilihatnya. Pertama yakni Olly Dondokambey bisa dipercaya Megawati Soekarnoputri sebagai Bendahara Umum DPP PDIP sekaligus Ketua DPD PDIP Sulut. Kedua, Olly Dondokambey menjadi Gubernur Sulut. “Hebat memang. Kesuksesan Pak Olly Dondokambey tak lepas dari peran sang istri Ibu Rita Tamuntuan,” ungkapnya.

Berita Terkait :  Inilah Biaya Kuliah Maksimal Faked Unsrat

Terpisah, senada dikatakan tokoh pemuda Katolik Kota Tomohon Jovan Kaunang.

“Saya memang hanya tahu Ibu Rita Tamuntuan itu adalah istri Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Ketua TP-PKK Sulut dan Ketua Umum Dewan Kesenian Sulut. Tapi saya tak melihat dari sisi itu saja. Melalui jabatan yang diembannya kini, beliau (Ibu Rita) turut andil dalam memajukan pembangunan di Provinsi Sulut, termasuk Kota Tomohon khususnya. Beliau juga menopang kerja Pak Olly Dondokambey membawa perubahan besar-besaran di daerah Nyiur Melambai ini di berbagai bidang. Nah, berbicara soal pemimpin Kota Tomohon ke depan, tak ada salahnya jika beliau itu orangnya,” tukasnya.

Apalagi, tambah Kaunang, Tomohon dikenal dengan julukan Kota Bunga. “Bunga itu identik dengan perempuan atau wanita. Dengan bentuknya yang indah, bunga dapat menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Jadi ke depan, saatnya perempuan menjadi pemimpin di Kota Bunga,” kuncinya.

Sementara itu, pengamat politik pemerintahan Sulut, DR Ferry Liando menilai, kans istri Olly Dondokambey maju di Pilwako Tomohon memang terbuka lebar. Karena, sang suami merupakan ketua partai. Sehingga, akan lebih mudah untuk mendapatkan tiket partai.

“Tetapi semuanya harus memperhitungkan elektabilitas sang calon. Kalau memang ibu Rita Tamuntuan memiliki elektabilitas bagus, maka seharusnya bisa dimajukan sebagai calon wali kota,” katanya. (ker/zly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional