Menu

6 Bulan, Perkara Biasa Mendominasi di PN Tondano

  Dibaca : 18 kali
6 Bulan, Perkara Biasa Mendominasi di PN Tondano

IPM — Sepanjang enam bulan atau satu semester tahun 2018, Pengadilan Negeri Tondano telah menyelesaikan 142 kasus (lihat grafis). Hal ini diungkap Humas PN Tondano Frans WS Pangemanan, Kamis (02/08/18). Menurut Pangemanan, perkara yang sempat masuk PN Tondano terbagi tiga, di antaranya perkara biasa, anak dan cepat. “Namun tiap tahun berbeda-beda, dan semester tahun ini baru berjumlah 142,” tukasnya.

Pangemanan mengatakan, perkara biasa sebenarnya untuk orang-orang dewasa, kalau perkara anak termasuk tindak pidana pelakunya masih tergolong dibawah umur. “Kalau korban di bawah umur, itu masuk undang-undang perlindungan anak. Jika pelaku di bawah umur tergolong juga pengadilan anak. Yang membedakan disini adalah hukum acaranya. Dan jika perkara cepat tersebut, hanya tindak pidana ringan. Setiap tahun jumlah perkara berbeda. Namun, terus adanya peningkatan karena di tahun 2014 ada 235 perkara, 2015 ada 290 perkara dan jika tahun 2016 sebanyak 374 dan di 2017 mencapai 351. Sedangkan di tahun 2018 semester I (pertama) masih 142. Semoga perkara ini tak melewati tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

Diketahui, paling dominan kasus di PN Tondano adalah perkara biasa, sebab sering terjadi perselisihan dari tindak kriminal penganiayaan dan pembunuhan dan lain-lain. “Penganiayaan ini disebabkan karena banyak warga Minahasa masih mengkonsumsi alkohol sehingga mengakibatkan salah satu menjadi korban. Semoga dari permasalahan apakah dari perkara biasa, anak dan cepat, dapat berkurang tahun ke tahun,” sembur Pengemanan seraya berharap pada pihak keamanan dalam hal ini kepolisian supaya ada kerjasama dengan keamanan di kampung. “Ini di maksud, agar bisa menekan angka tindak kejahatan atau kriminal,” pungkasnya.(rka/ker)

Berita Terkait :  Taman God Bless Minahasa Dirusak
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional