Menu

Harga Kopra di Bolmong Turun Drastis

  Dibaca : 57 kali
Harga Kopra di Bolmong Turun Drastis
ilustrasi

IPM—Harga kopra di Kabupaten Bolmong terus anjlok. Bahkan, hingga kini kopra di Kabupaten Bolmong hanya dihargai Rp4 ribu per kilogram. “Sebelumnya kami menjual kopra seharga Rp8 ribu per kilogram, namun kini hanya dihargai sebesar Rp4 ribu per kilogram,” ungkap Abdi Paputungan, petani kopra di Lolak, Kamis (2/8/18).

Ia mengaku sampai saat ini harga kopra turun drastis. Bisa dikatakan saat ini petani lagi kesulitan, karena harga kopra turun sangat jauh. Sehingga pendapatan dan biaya pekerjaannya tidak seimbang. “Harga kopra dalam satu ton hanya dapat Rp4 juta. Sedangkan pengolahan kelapa sampai jadi kopra, itu butuh proses yang panjang dan sulit,” ungkap Abdi.

Baca Juga:  6 Parpol di Bolmong Terancam Tak Dapat Dana Bantuan

Menurut dia, jika petani hanya mempekerjakan orang untuk mengela kelapa, maka pendapatan atau penghasilan harus dibagi dua. Karena, tidak ada pekerja yang ingin dibagi tiga dari hasil penjualan kopra, sebab kerjanya sulit. “Pertama harus naik kelapa, kemudian setelah kelapa sudah berada di tanah harus dikumpul dan dikupas, dibelah dan panggang sampai matang. Kemudian, dipisahkan antara daging kelapanya dan tempurung. Jadi, dengan terjadinya penurunan harga seperti ini, maka kami sebagai petani tidak memiliki untung,” jelasnya.

Dia berharap agar harga kopra kembali naik. Dengan demikian, petani pun tidak kesulitan. “Apalagi kami hanya berprofesi sebagai petani. Saya berharap agar pemerintah daerah bisa mencarikan solusi,” tambah Juanli Lumagetohe, petani asal Desa Padang, Kecamatan Lolak.

Baca Juga:  Diposting Penistaan Agama, Bupati Sehan Landjar Bakal Polisikan Mumu

Terpisah, Kepala Dinas Perkebunan Taufik Mokoginta mengatakan, terjadinya penurunan harga kopra yang sangat jauh dari harga sebelumnya patut dipertanyakan. “Saya berharap menteri Disperindag bisa mengendalikan harga kopra ini. Kalau tidak, maka gairah petani akan menurun,” tutupnya. (jly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional