Menu

Kejari Periksa Sejumlah Kumtua di Minahasa Terkait Solar Cell

  Dibaca : 100 kali
Kejari Periksa Sejumlah Kumtua di Minahasa Terkait Solar Cell
Noprianto Sihombing

IPM– Kejaksaan Negeri (Kejari) Tondano, Kamis (6/9/18) kemarin mulai melakukan periksaan terhadap sejumlah  pejabat Kumtua yang terlibat dalam pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU) Solar Cell di 53 desa yang berada di Kabupaten Minahasa.

Hal ini dibenarkan Kepala Kejari Minahasa Rakhmat Budiman T SH Mkn,  melalui Kepala seksi Intelijen Noprianto Sihombing SH MH. Menurut Sihombing, proses pengadaan PJU Solar Cell di 53 desa di wilayah Kabupaten Minahasa masih dalam tahap pemeriksaan saksi.

“Proses pemeriksaan ini dilakukan oleh Kejari, karena besar dugaan pegadaan tersebut diduga fiktif. Dalam proses lidik dengan perkiraan kerugian negara sekitar Rp5 miliar,” kata Sihombing.

Lebih lanjut, Sihombing mengatakan, proses penyelidikan atas pengadaan pada 53 desa yang tersebar di lima kecamatan, dilakukan guna menindaklanjuti hasil dari Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), sehingga Kejari selaku pihak penegak hukum harus langsung bertindak .

Baca Juga:  Tersangka Sollar Cell Manado Praperadilankan Polda Sulut

Sementara itu informasi diperoleh bahwa pengadaan itu dilakukan pada tahun 2017. Sumber dana untuk pengadaan diduga berasal dari dana desa. Pihak perusahaan pengadaan tersebut yakni PT Berkat Abadi dari Manado menawarkan harga perunit sangat tinggi dan jauh dari harga biasanya. (rka/bny)

 

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional