Menu

Oktober, 2 Rumah Sakit Pemprov Mulai Dibangun

  Dibaca : 38 kali
Oktober, 2 Rumah Sakit Pemprov Mulai Dibangun
Sekprov Sulut, Edwin Silangen

MANADO — Rencana pembangunan dua rumah sakit daerah milik Pemprov Sulut: RSUD Tipe B dan RS Mata Daerah, akan dimulai Oktober 2018. Saat ini tahapannya sudah detailed engineering design (DED) dan AMDAL
“Tidak lama lagi akan dilelang karena sudah tahap DED dan AMDAL. Anggarannya juga sudah pasti,” kata Sekprov Edwin Silangen, awal pekan ini.
Untuk anggaran, kata Silangen, persetujuan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), sebagai pemberi pinjaman, sudah keluar. “Iya, anggarannya hampir 400 miliar sudah disetujui SMI,” tambah Silangen.
Informasi diperoleh juga bahwa Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sulut telah menyelesaikan persoalan aset di dua lokasi rumah sakit tersebut. Yakni, gedung eks BP7 di Pakowa untuk RS Mata dan sejumlah gedung RSJ Ratumbuysang untuk RSUD Tipe B.
Sedangkan model pembiayaan, tambah Sekprov, adalah multiyears atau tahun jamak. “Multiyears tapi hanya dua tahun, karena yang memakan biaya banyak itu untuk belanja alat kesehatan. Kita targetkan 2020 sudah beroperasi kedua rumah sakit itu,” tambah Silangen.
Sekadar referensi, di Manado sebagai Ibu Kota provinsi, Pemprov berkeinginan memiliki rumah sakit sebagai rujukan antara sebelum ke RSUP Prof Kandou yang telah terakreditasi internasional. Makanya, lahan RSJ Ratumbuysang dipilih menjadi lokasi pembangunannya. Nantinya RSJ Ratumbuysang akan dipindahkan ke wilayah Kalasey.
Sedangkan untuk RS Mata yang awalnya berbentuk Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM), sudah berubah strata menjadi rumah sakit mata. Dan, seiring dengan meningkatnya animo masyarakat terhadap menjaga kesehatan matanya, sehingga Pemprov mengembangkan fasilitas tersebut. Saat ini sudah berbentuk UPTD Rumah Sakit Mata tapi masih perlu peningkatan kapasitas layanan.
Sementara itu, laman www.ptsmi.co.id telah menayangkan pengumuman pemenang pengadaan: Layanan Konsultasi untuk Dokumen Detailed Engineering Design (DED) Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah di Sulawesi Utara. Dalam informasi itu perusahaan konsultan pemenang adalah PT Pandu Persada yang beralamatkan di Bandung. Kontrak kerja senilai Rp1.774.840.000 sejak 11 Juli 2018, dengan durasi pekerjaan 3 bulan.
Ada juga pengumuman: Layanan Konsultasi untuk Penyusunan Dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah di Sulawesi Utara. Informasinya adalah pemenang konsultansi adalah PT Hatfield Indonesia beralamat di Bogor. Nilai kontrak Rp1.390.000.000 sejak 11 Juli 2018, dengan durasi pekerjaan 200 hari kerja.
Sementara untuk rumah sakit mata, saat ini sedang dalam proses seleksi perusahaan peminat Jasa Layanan Konsultan untuk Penyusunan Detail Engineering Design Pembangunan Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sulawasi Utara, dan permintaan pernyataan minat: Layanan Konsultan untuk Penyusunan Dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Pembangunan Rumah Sakit Khusus (RSK) Mata di Sulawesi Utara.(baz)

Baca Juga:  Adegan 20 Menit! Jilat Kemaluan Mawar, Kakak Ipar Dipolisikan
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional