Menu

Putra Sulut Dilantik Jadi Penjabat Gubernur Kaltim

  Dibaca : 120 kali
Putra Sulut Dilantik Jadi Penjabat Gubernur Kaltim
Restuardy Daud memberikan keterangan kepada wartawan Kaltim usai dilantik Mendagri Tjahjo Kumolo, tadi pagi. (Foto: Tribun Kaltim)

SAMARINDA — Putra Sulut asal Bolmong, Ir Restuardy Daud MSc dilantik menjadi Penjabat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, di Ruang Pendopo Lamin Etam, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gadjah Mada, Samarinda, Sabtu (22/9/18) pagi. Restuardy yang sehari-harinya adalah Deputi Infrastruktur Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) itu adalah putra tercinta mantan Sekdaprov Sulut Hi. Arsyad Daud SH.
Restuardy dilantik jadi Penjabat Gubernur Kaltim menggantikan Gubernur Awang Faroek Ishak, yang mundur dari jabatan Gubernur, lantaran maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Nasdem.
“Saya, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia, dengan resmi melantik Restuardy Daud sebagai penjabat Gubernur Kalimantan Timur,” kata Tjahjo, dalam kata-kata pelantikan. Keputusan menetapkan Daud sebagai penjabat Gubernur itu dikeluarkan Presiden 5 September 2018 lalu. “Saya percaya, Restuardy Daud akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab,” ujarnya.
Ditemui usai pelantikan, Tjahjo menerangkan bahwa pengisian Penjabat Gubernur untuk memastikan tidak ada kekosongan pemerintahan. Misalnya untuk pembahasan anggaran maupun pergantian personel. “Prinsipnya, kami sudah ajukan ke Bapak Presiden melalui Mensesneg, pelantikan kepala daerah terpilih kalau bisa dipercepat,” sebut Tjahjo.
Menurut Tjahjo, kepala daerah mundur dari jabatannya disebabkan maju sebagai calon legislatif merupakan kasus baru. “Belum selesai jabatan, tapi Gubernurnya mundur, hanya ini,” ungkapnya.
Tjahjo pun meminta Restuardy untuk segera membangun komunikasi dengan Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, Polri dan TNI, terutama kepentingan menjelang Pemilu 2019.
Sekadar referensi, Ir. Restuardy Daud MSc adalah putra mantan Sekdaprov Sulut Arsyad Daud SH. Restuardy, yang akrab disapa Adi, juga adalah putra Bolmong, dari ibu yang bermarga Sugeha. Keluarga besarnya juga menatap di Kotamobagu dan Manado, termasuk adiknya Lendy Daud SH MSi saat ini menjabat sebagai Kepala UPTD Samsat Kotamobagu-Bolsel Bapenda Sulut.
Sebelum menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP (eselon I), Adi adalah Kepala Biro Perencanaan Kemendagri. Namanya juga moncer saat Mendagri Gamawan Fauzi mempercayakannya sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) atau Juru Bicara Kemendagri.(baz)

Baca Juga:  KUA-PPAS Perubahan Bolmong Defisit 27 Miliar
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional