Menu

GSVL Pindah Partai NasDem, Liando: Dinamika Pilpres Jadi Pertimbangan

  Dibaca : 113 kali
GSVL Pindah Partai NasDem, Liando: Dinamika Pilpres Jadi Pertimbangan
Ferry Liando

IPM — Wali Kota Manado juga Ketua Partai Demokrat Sulut, DR GS Vicky Lumentut (GSVL) telah berpindah ke Partai NasDem. Berpindahnya haluan politik GSVL membuat heboh publik Sulawesi Utara (Sulut), khususnya Kota Manado.

Mengenai sikap politik GSVL, pengamat politik pemerintahan Sulut, DR Ferry Liando mengungkapkan, politik itu selalu identik dengan kekuasan. Bagaimana kekuasaan itu dapat, cara mempertahankan kekuasaan itu dan tata cara dalam menjalankan kekuasaan.

“Akan ke mana sikap politik seseorang akan selalu tergantung pada dinamika politik yang sedang berlangsung. Dalam hal kekuasaan itu statis maka politik selalu mengikuti. Jika posisi kekuasaan dalam posisi dinamis maka politikpun ikut dinamis. Itulah sebabnya banyak politisi yang secara tiba-tiba mengubah sikap atau haluan politiknya, termasuk pindah parpol,” kata Liando, Jumat (28/9/18).

Baca Juga:  Kejari Amurang Jebloskan Dua Pejabat Minsel ke Penjara

Dia pula mengatakan, sikap Partai Demokrat yang tidak memilih mendukung Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) menjadi penentu dinamikanya bervariasi. Ada elit partai yang diuntungkan namun ada juga merasa sebaliknya.

“Saya menduga dinamika Pemilihan Presidem (Pilpres) 2019 ini salah satu motivasi politik Pak Vicky yang secara tiba-tiba mengubah haluan politiknya. Pak Vicky kemungkinan masih bercita-cita agar masa depan politiknya masih akan panjang sehingga akan berbahaya baginya jika bertahan pada parpol yang tidak mendukung Capres pilihan mayoritas,” ujarnya.

“Sebab selama ini Sulut menjadi salah satu daerah yang menurut hasil sejumlah survey masih banyak mendukung Capres Jokowi. Saya berkeyakinan bahwa pilihan Pak Vicky pindah parpol erat kaitannya dengan dinamika Pilpres,” imbuhnya. (zly)

Baca Juga:  Ironi Boraks di Manado, Pemerintah-Polisi Dinilai ‘Tutup Mata’
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional