Menu

Kisah Sam Ratulangi Segera Difilmkan

  Dibaca : 57 kali
Kisah Sam Ratulangi Segera Difilmkan
FILMKAN TELADAN: Inisiator bersama para produser film Sam Ratulangi foto bersama Prof Adolf Sinolungan.

MANADO — Kisah pahlawan nasional asal Sulawesi Utara, DR Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau Sam Ratulangi akan dikemas dalam sebuah film layar lebar. Launching produksi film itu digelar di Whats Up Cafe Manado, di Kawasan Megamas, Senin (01/10/18) malam. Launching ini dihadiri cucu Sam Ratulangi, Radian Ratulangie Sugandi. Hadir juga inisiator sekaligus Produser Michael Umbas, Produser Eksekutif Max Picture Ody Mulya Hidayat, penulis senior Imran Hasibuan, dan Produser Moh. Yamin.
Dalam keterangannya Radian Ratulangie mengaku sangat bersyukur atas rencana pembuatan film tentang Opa-nya, Sam Ratulangi. “Keluarga setuju, bahkan mendukungnya. Terima kasih kepada tim penggagas yang mau membuat film Sam Ratulangi. Pesan dari ibu saya, agar bisa memberikan yang terbaik yang utama film ini agar ada daya tertarik dan bisa diterima oleh semua kalangan,” ungkap anak dari Lanny Ratulangie itu.
Michael Umbas mengaku pihaknya juga bersyukur rencana pembuatan film ini mendapatkan suport penuh dari masyarakat. Kata dia, film yang rencana dibuat ini nantinya akan menceritakan siapa sebenarnya Sam Ratulangi. “Film akan menceritakan siapa dan peran Sam Ratulangi untuk Indonesia. Syuting juga nanti akan banyak di Belanda,” ucap komisaris di salah satu BUMN Pariwisata itu.
Menurut Umbas, film ini nantinya akan menceritakan bagaimana perjuangan Sam Ratulangi yang gigih mendapatkan pendidikan di Belanda. Kata dia, yang menarik itu bukan masalah perjuangan menggunakan senjata sebelum kemerdekaan Indonesia, tapi soal perjuangan dengan pendidikan.
Salah satu inisiator film Sam Ratulangi Moh Yamin didampingi Ody Mulya Hidayat—produser senior, termasuk film Dilan 1990—menjelaskan bahwa Sam Ratulangi merupakan salah satu tokoh yang sangat disegani dan dihormati. Sehingga sudah waktunya untuk menghidupkan kembali ketokohan salah satu putra terbaik Minahasa itu di nasional bahkan internasional.
“Melalui film kita akan mengenang kembali Sam Ratulangi bagaimana masa perjuangannya. Masyarakat Sulut sangat beruntung. Dahulu selain Jawa, Sulut yang pertama dapat pendidikan, Sam Ratulangi salah satu contohnya,” beber Yamin.
Yamin pun sangat tertarik dengan falsafah Sam Ratulangi, Si Tou Timou Tumou Tou. Yang dia artikan “Orang belum menjadi manusia sebelum memanusiakan manusia”. “Lewat falsafah ini ada pesan yang mendalam tersirat dalam film Sam Ratulangi yang menjadi pegangan hidup generasi muda,” katanya seraya mengaku optimis film ini bisa terselesaikan dengan cepat, dengan skrip yang sementara ditulis dan dapat diterima kaum milenial.
Ody Mulyana Hidayat selaku produser eksekutif mengatakan, baginya memproduksi film Sam Ratulangi adalah tantangan tersendiri. “Saya melihat saat ini cerita pahlawan banyak yang diangkat. Kenapa Sam Ratulangi tidak diangkat. Film ini jadi perpaduan edukasi dan entertain. Penulisannya ke arah milenial, dan ini yang menarik,” sebutnya.
Dia pun meminta bantuan semua pihak agar dapat menyempurnakan film tersebut. “Perlu data supaya pesan yang disampaikan lewat film dapat ditonjolkan. Contohnya dengan ilmunya dapat melawan penjajahan bukan melawan dengan senjata,” ucapnya. “Kami pun meminta bantuan kira-kira di mana ada rumah zaman dulu seperti yang ditinggali Sam Ratulangi semasa kecil di Minahasa. Yang mirip-mirip saja. Karena yang susah itu menyetel landscape, meski tidak sama sekali,” tambah Ody seraya menyebut seluruh proses produksi akan memakan waktu paling lama setahun.
Salah tokoh masyarakat Prof. Adolf Sinolungan mengatakan bahwa menampilkan Sam Ratulangi dalam film itu menonjolkan satu kata: teladan. “Saya berharap teladan Sam Ratulangi yang ditampilkan. Kita tahu bersama juga bahwa Sam Ratulangi yang pertama kali menyatakan ide nama Indonesia di masa penjajahan Belanda, dan itu diakui juga oleh Proklamator Soekarno,” ucap mantan Rektor IKIP Manado itu.(baz)

Baca Juga:  Comand Centre ODSK Penunjang E-Government OD-SK
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional