Menu

JWS: Saya Siap Hadapi Sumendap di Pilwako Manado 2020

  Dibaca : 89 kali
JWS: Saya Siap Hadapi  Sumendap di Pilwako Manado 2020

* Sampai Sekutu-sekutunya akan Dilawan

IPM — Jabatan Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut akan habis Mei 2021 mendatang. Namun, Pemilihan Wali (Pilwako) Kota Manado akan dihelat 2020 serentak dengan beberapa daerah di Sulawesi Utara (Sulut). Terdapat beberapa tokoh politik telah menyatakan siap maju bertarung merebut kursi orang nomor satu di Kota Tinutuan.

Teranyar, Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap sudah menyatakan tekadnya untuk bertarung di ibukota Provinsi Sulut. Nah, keinginan Sumendap, rupanya sama dengan mantan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS).

Di mana, JWS pun memiliki keinginan maju dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Bahkan, JWS pula menyatakan siap menantang Sumendap bertarung di Pilwako Manado 2020.

“Saya siap maju di Pilwako Manado 2020. Dan saya siap hadapi James Sumendap di pilwako,” tegas JWS kepada Indo Post, Rabu (10/10/18).

Menurut JWS, dirinya telah siap dengan beberbagai strategi untuk bisa bertarung di Pilwako Manado. Termasuk mental dan dana kampanye yang akan disiapkan dalam pertarungan nantinya.

“Saya sudah siap semuanya. Saya akan gunakan dana pribadi untuk Pilwako Manado. Dan juga siap berhadapan dengan James Sumendap. Walaupun dengan sekutu-sekutunya. Saya siap. Saya akan hadapi,” ungkap JWS.

Pertimbangannya untuk maju, kata JWS, dirinya sudah pernah memimpin kabupaten yang wilayahnya besar sebanding dengan Kota Manado. Dan banyak kemajuan yang telah dihasilkan saat memimpin Minahasa.

Baca Juga:  Mundur Gara-gara Ahok, Anggota DPRD Sulut Resmi Di-PAW

“Yang (pokok) saya siap maju. Saya juga sudah punya pengalaman memimpin daerah. Poinnya saya punya keinginan untuk mengabdi bagi masyarakat Manado. Tentunya siap memajukan Kota Manado menjadi lebih baik ke depannya,” ujarnya.

Terpisah, pengamat politik Sulut, DR Ferry Liando menilai, politik selalu dinamis. Sebabnya, segala kemungkinan dapat terjadi dalam Pilwako Manado mendatang.

“Memang saat ini agak sulit memprediksi karena masih terlalu jauh tahapannya. Apalagi dalam waktu dekat akan ada rencana revisi UU Pilkada yang kemungkinan besar syarat-syarat bakal calon akan berubah,” jelas Liando menjawab pertanyaan Indo Post, tadi malam.

“Dan kekuatan keduanya belum bisa diukur karena belum tahu siapa lawan-lawan nantinya. Kemudian siapa yang akan berpasangan dengan mereka sebagai calon wakil,” imbuhnya.

 

Sementara itu, pengamat politik Sulut, Taufik Tumbelaka menilai, jika melihat konstelasi saat ini beberapa nama beken yang akan turun bertarung di Pilwako Manado, maka dipastikan kursi wali kota akan nampak seksi. Hal Inilah yang kemudian membuat pertarungan semakin sengit, karena para kontestan pasti telah memiliki strategi masing-masing.

“Mustahil bagi James Sumendap atau pun JWS yang jika kemudian memutuskan bertarung di Pilwako Manado, namun tidak memiliki persiapan khusus,” ujarnya.

“Pasti ada dong!” sambungnya.

Baca Juga:  Yvonne Awuy-Lantu Terpilih Ketua MD GPdI Sulut Periode 2017-2022 

Sementara, bagi figur lokal sebut saja Harley Mangindaan, Hanny Jost Pajouw serta Jimmy Rimba Rogi, menurut alumni UGM ini, pasti akan menjadi ancaman. “Meski mereka (Sumedap dan JWS) adalah ‘pendatang’. Namun mereka juga sudah teruji, dan terbukti mampu menang,” sebutnya.

Namun demikian, sambung dia, peran papan dua alias calon wakil wali kota juga ikut menentukan siapa yang akan keluar sebagai jawara dalam pertarungan ini. “Ini akan menjadi perang bintang yang kemenangannya juga tidak akan lepas dari peran figur calon wakil walikota,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Mitra, James Sumendap, telah menyatakan keinginan maju dalam Pilwako Manado 2020.

“Saya punya kerinduan untuk memimpin Kota Manado nantinya. Pokoknya akan berbarengan, saya bekerja untuk Minahasa Tenggara (dalam posisi sekarang) dan bekerja untuk Manado juga,” kata Sumendap yang baru menjalankan tugas sebagai bupati di periode kedua, usai dilantik Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Kantor DPRD Sulut, Selasa (25/8/18).

Namun begitu, kata Sumendap, target paling dekat dirinya melanjutkan mimpinya untuk Mitra. Di mana Mitra menurutnya harus menjadi yang paling terdepan di Sulut.

“Saya bakal melanjutkan mimpi-mimpi di Mitra. Mitra harus menjadi terdepan. Itu visi misi saya. Selain itu, saya berkomitmen memenangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 nanti merupakan hal wajib,” tandasnya. (tim/zly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional