Menu

Putting Beliung Porak-poranda Rumah 4 Jaga Desa Treman

  Dibaca : 160 kali
Putting Beliung Porak-poranda Rumah 4 Jaga Desa Treman
Tampak rumah warga di jaga VIII, IX, X, dan XI Desa Treman, Kecamatan rusak diterjang puting beliung.

IPM— Peristiwa naas terjadi di Desa Treman, Kecamatan Kauditan, Minut, Senin (29/10/18). Betapa tidak, angin putting beliung datang secara tiba-tiba dan menghantam sejumlah rumah warga di jaga VIII, IX, X hingga XI. Penuturan Petrus Warouw-Rondonuwu, yang juga merupakan salah satu pemilik rumah di jaga X, angin putting beliung pertama kali terlihat di lapangan Desa Treman dan berlangsung sekira 2 menit.

“Saat itu sekitar kurang lebih setengah tiga, dan sedang hujan deras, tiba-tiba terlihat ada angin putting beliung,” bebernya.

Lanjutnya, sebelum terjadi putting beliung, awalnya angin hanya biasa-biasa saja. “Dalam waktu sekejab tiba-tiba datang angin putting beliung dan langsung menerjang rumah kami hingga hancur,” ungkapnya dengan ekspresi yang terlihat masih trauma. “Saat kejadian, kami bertujuh sedang berada di dalam rumah,” tambahnya.

Meski begitu, satu hal yang disyukurinya yakni tidak ada anggota keluarganya yang jadi korban. “Tuhan masih sayang kepada keluarga kami sehingga dia masih mengijinkan kami lolos dari musibah yang datang tiba-tiba itu,” urainya.

Sementara itu, salah seorang warga yang enggan menyebutkannya namanya mengungkapkan, jika angin putting beliung kerap melintas di Desa Treman. “Angin tersebut datang dari lapangan sana, dan sejauh ini sudah dua kali terjadi, tapi tidak sekuat yang terjadi ketiga kalinya ini,” sebutnya.

Terpisah, Camat Kauditan Martho Rasubala ditemui di lokasi, ikut membenarkan adanya musibah naas itu. “Kami masih melakukan identifikasi rumah-rumah yang rusak berat maupun ringan,” kata Rasubala.

Ia juga menyebutkan jika sampai saat itu (kemarin, red), belum ada laporan masuk yang menyebutkan ada korban jiwa. “Belum ada laporan, tapi yang pasti ada beberapa wilayah yang terdampak langsung musibah yakni jaga delapan (VIII), Sembilan (IX), sepuluh (X) dan sebelas (XI),” sebutnya.

Dari kejadian ini, ia mengimbau warga untuk tetap waspada, terlebih pada musim pacaroba ini. “Hanya dengan lebih waspada kita bisa meminimlisir dampak bencana,” simpulnya. Terpantau, sejumlah warga secara gotong royong membersihkan rumah yang luluh lantak dihantam puting beliung. Dari data masuk, ada 26 rumah yang rusak berat maupun ringan. (fan)

Berikut nama-nama korban:

  1. Kel Rondonuwu-Maramis
  2. Kel Yance-Katuuk
  3. Kel Tuurida-Rooroh
  4. Kel Sigar-Tambaani
  5. Kel Waturandang-Waturandang
  6. Kel Dumanauw-Sujanto
  7. Kel Rooroh-Tungow
  8. Kel Tuwaidan-Taude
  9. Kel Ela Widodo
  10. Kel Kaawoan-Sikeuz
  11. Kel Nola Autoow
  12. Kel Rooroh-Anting
  13. Kel Hendri Tirayoh
  14. Kel Edi Pangemanan
  15. Kel Lewu-Tuwaidan
  16. Kel Wongkaren-Pasulatan
  17. Kel Sammy Paulus
  18. Kel mas Jawa
  19. Kel Roni Makalew
  20. Kel Purut Anake Togas
  21. Kel Ronald Autoow
  22. Kel Pingkan Wehantoow
  23. Kel Tasiam-Tuwaidan
  24. Kel Lontoh-Tuwaidan
  25. Kel Puala-Sumual
  26. Gedung PKK
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional