Menu

RS Lapangan Sawang Sering Dikeluhkan, Pemda Sitaro Lobi Kementerian Bangun RS Baru di Siau

  Dibaca : 69 kali
RS Lapangan Sawang Sering Dikeluhkan, Pemda Sitaro Lobi Kementerian Bangun RS Baru di Siau

IPSITARO — Bukan rahasia lagi jika Rumah Sakit (RS) Lapangan Sawang di Siau Timur Selatan, Kabupaten Sitaro, Sulut, kerap dikeluhkan warga.

Pasalnya, selain jaraknya yang cukup jauh dari pusat keramaian, lahan di mana RS Lapangan Sawang berdiri, kurang mendukung lantaran cenderung curam.

Hal Inilah yang kemudian digadang-gadang menjadi salah satu alasan Pemkab Sitaro berupaya untuk membangun RS yang baru, dengan melobi Kementerian Kesehatan, belum lama ini.

Kepala Dinas Kesehatan, Ria Papalapu, tidak menampik hal itu.

Bahkan, ia mengungkapkan jika pihaknya sudah mengajukan proposal permohonan ke pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan.

“Kita sudah sounding (baca: sampaikan) ini ke pemerintah pusat, termasuk alasan-alasan kenapa kita butuh rumah sakit,” beber Papalapu.

Ia menambahkan, meski belum mendapat petunjuk lebih lanjut, ia mengaku permohonan disampaikan langsung Bupati Evangelian Sasingen ini, mendapat respons positif.

“Pemerintah pusat siap membantu, hanya saja soal kapan itu terealisasi, kita masih menunggu,” tuturnya.

Adapun usulan yang diajukan berupa harapan warga akan adanya RS Pratama, khususnya di wilayah Siau.

“Kenapa untuk saat ini pembangunan rumah sakit di Siau yang kita perjuangkan, karena di Tagulandang sudah ada rumah sakit yang sudah sangat representatif,” terangnya.

“Sedang Rumah Sakit Lapangan Sawang, kita tahu sendiri di mana masih banyak sekali keterbatasan, termasuk di dalamnya lokasinya yang bisa dibilang tidak memadai,” tambahnya.

Di satu sisi, ia juga mengungkapkan jika hasrat untuk menambah fasilitas penunjang layanan kesehatan di tanah Karangetang, tidak lepas dari perhatian penuh bupati.

“Ibu Bupati sangat berhasrat agar upaya ini bisa terwujud, oleh karena itu ibu selalu ingatkan kami agar terus follow up permohonan yang sudah disampaikan lalu,” bebernya.

Sementara itu, Albert Rendeo, menilai apa yang sedang diperjuangkan pemerintah saat ini sudah sangat tepat, mengingat pelayanan kesehatan yang maksimal merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat.

“Di samping itu juga akan terkesan aneh di mana wilayah Siau merupakan Ibukota Kabupaten, sementara di sini tidak ada sarana rumah sakit yang memadai,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan jika kondisi yang terjadi saat ini masih menunjukkan adanya ketimpangan pembangunan. Oleh sebab itu, dengan adanya rumah sakit yang lebih representatif kelak, akan semakin memperlihatkan adanya pemerataan pembangunan.

“Sekali lagi, saya sangat mendukung rencana pembangunan rumah sakit yang baru, dan pastinya masyarakat pada umumnya juga demikian. Karena memang kondisi Rumah Sakit Lapangan Sawang saat ini sangat-sangat tidak layak untuk terus dikembangkan,” kuncinya. (gus)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional