Menu

Warga Sitaro Diminta Waspada, Potensi Bencana Meningkat

  Dibaca : 94 kali
Warga Sitaro Diminta Waspada, Potensi Bencana Meningkat

IPSITARO — Dalam beberapa hari terakhir Kabupaten Sitaro, Sulut dan sekitarnya diguyur hujan intensitas cukup tinggi. Kondisi ini membuat potensi bencana meningkat.

Diketahui, selain tanah longsor dan pohon tumbang, negeri 47 pulau, khususnya wilayah Siau, rentan diterjang banjir lahar dingin.

Karenanya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro, Bob Ch Wuaten, mengingat warga untuk lebih waspada, apalagi saat beraktivitas di luar rumah.

“Tidak ada yang mampu menolak musibah, namun kita bisa meminimalisirnya dengan lebih berhati-hati,” kata Wuaten, saat ditemui wartawan harian ini.

Secara khusus ia mengingatkan warga yang tinggal di lereng bukit, di bantaran sungai serta kali yang terintegrasi dengan puncak Karangetang.

“Khususnya untuk mereka yang rumahnya tidak jauh dari kali yang biasa dilalui lahar dingin, juga wajib lebih waspada,” pintanya.

“Apalagi yang di wilayah Siau Barat Utara yang baru-baru ini dilalui leleran lava Karangetang,” tambahnya.

Dikatakannya lagi, ketika cuaca semakin tidak bersahabat, warga sebaiknya langsung mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Jangan nanti sudah terdampak, baru mencari perlindungan,” imbaunya.

Di samping itu, birokrat yang juga dipercayakan sebagai nakhoda Dinas Pekerjaan Umum ini mengimbau agar masyarakat tidak menebang pohon sembarang.

“Karena pengrusakan hutan akan sangat memicu terjadinya bencana. Oleh karena itu, mari kita lestarikan hutan yang ada dengan tidak melakukan penebangan sembarangan, sehingga kita bisa terhindar dari musibah,” ajaknya.

Terpisah, Camat Siau Barat Utara (Sibarut), Chatrina M Lukas SE, juga menghimbau warga agar tetap waspada saat melintas di sejumlah jembatan yang sering dilalui lahar dingin, termasuk di dalamnya jembatan di Kampung Kinali.

“Curah hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir ini, ato kita belajar dari pengalaman kemarin-kemarin, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kitang inginkan bersama,” imbaunya.

“Jangan paksakan diri untuk beraktivitas di luar rumah saat cuaca sedang tak bersahabat. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati,” kuncinya. (gus)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional