Menu

Siswa SDN 03 Manado Giatkan Program Daur Ulang Sampah Plastik

  Dibaca : 44 kali
Siswa SDN 03 Manado Giatkan Program Daur Ulang Sampah Plastik

IPMANADO — Bukan rahasia lagi jika teror pencemaran oleh sampah plastik kian mengancam eksistensi lingkungan, termasuk makhluk hidup yang di dalamnya juga adalah manusia.

Nah, guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan, SDN 03 Manado, yang terletak di Kecamatan Singkil, mencanangkan kegiatan peduli lingkungan lewat program daur ulang sampah plastik, dengan melibatkan anak-anak didik.

“Kegiatannya sudah jalan, dan sudah ada beberapa produk yang kita hasilkan dari kegiatan ini (daur ulang, red),” kata Kepala Sekolah, Alpius Tatamang SPd MMPd, Senin (8/7/19).

Siswa yang terlibat dalam kegiatan peduli lingkungan ini yakni mereka yang duduk di kelas IV-VI.

Adapun bahan dasar kegiatan bertujuan membendung bahaya pencemaran lingkungan ini, kata dia, di dominasi kemasan minuman yang sudah dibuang.

“Memang belum semua jenis plastik yang bisa kita daur ulang, tapi setidaknya ada beberapa yang sudah dihasilkan oleh anak-anak lewat proses daur ulang,” bebernya.

Di satu sisi, terbatasnya alat pendukung membuat kegiatan tidak dilakukan dalam skala besar.

“Setidaknya walaupun belum dalam skala yang tidak terlalu besar, kita sudah mulai menanamkan sikap cinta lingkungan terhadap anak-anak didik di sini,” ungkapnya.

“Kita bekali juga mereka soal bahaya yang ditimbulkan oleh perilaku membuang sampah sembarangan, apalagi sampah plastik. Hal inilah yang kemudian kita harapkan jadi motivasi bagi mereka untuk cinta lingkungan,” kunci salah satu guru berprestasi ini.

Adapun produk daur ulang yang telah dihasilkan di antaranya; fas bunga, bunga plastik serta asbak.

Sementara bahan dasar yang digunakan para siswa didominasi oleh botol-botol plastik kemasan air minum yang sudah dibuang. (ein)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional