Menu

3 Kapal Rede Perkuat Transportasi Wisata

  Dibaca : 221 kali
3 Kapal Rede Perkuat Transportasi Wisata
KM Gandha Nusantara 18 saat sea trial di Teluk Manado, Jumat lalu

Perjuangan OD-SK untuk Mendukung Pariwisata Bahari

PERJUANGAN OD-SK: KM Gandha Nusantara 18 melakukan sea trial dari Pelabuhan Manado ke Teluk Manado usai diserahkan ke Pemprov Sulut oleh Kemenhub, Jumat lalu. Tampak Kadishub Sulut Lynda Watania menerima maket kapal jenis Rede tersebut dari Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut.

MANADO — Setelah KM Gandha Nusantara 6, Kementerian Perhubungan kembali menyerahkan 2 unit kapal penyeberangan untuk wilayah Sulut. Jumat (2/8/19) pekan lalu, Kemenhub menyerahkan KM Gandha Nusantara 13 dan KM Gandha Nusantara 18.

Kapal jenis Rede berkapasitas 95 ton dengan model Landing Craft Tank (LCT) itu diserahkan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Capt. Wisnu Handoko, di Pelabuhan Manado.

Menurut Wisnu, pemberian 3 unit kapal jenis Rede tersebut merupakan bukti komitmen Presiden Joko Widodo dalam mendukung pembangunan sektor pariwisata Sulawesi Utara yang digagas Gubernur Olly Dondokambey.

“Sebelumnya 25 Juli lalu sudah diserahkan KM. Gandha Nusantara 6 yang menjadi sarana penghubung wilayah di sekitar Pelabuhan Bitung dan Pulau Lembeh,” katanya.

”Dengan adanya penyelenggaraan kapal Rede ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan angkutan laut penumpang, mendukung kegiatan pariwisata, serta menjamin keselamatan bagi penumpang angkutan laut untuk menjangkau ke wilayah yang tidak dapat disinggahi kapal utama,” tambah Wisnu.

Menurutnya, kapal-kapal ini diserahkan oleh Kemenhub kepada PT Pelni untuk dikelola sebagai angkutan perintis. Dia pun berharap agar Pemda dapat membantu pemanfaatan kapal rede ini secara optimal. Karena kapal jenis Rede memiliki ramp door di haluannya yang dapat dimanfaatkan untuk banyak kegiatan.

”Tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengangkut penumpang, barang, dan mobil, kapal Rede ini bisa juga dimanfaatkan sebagai kapal pengangkut wisatawan yang akan menyelam (diving) dan melihat pemandangan laut. Bahkan bisa juga untuk klinik terapung yang memberikan layanan kesehatan di pulau terpencil,” ungkap Wisnu.

Sementara Kadishub Sulut Lynda Watania yang menerima kepala tersebut menjelaskan bahwa kapal Rede 95 Gross Ton itu bisa mengangkut 56 penumpang. “Kapal-kapal itu diserahkan ke Pemda melalui pengelolaan oleh PT Pelni dengan tujuan untuk memfasilitasi angkutan ke pulau-pulau kecil yang tidak punya dermaga. Selain itu pula untuk menunjang Pemda seperti mobilisasi ambulans atau barangkali mobil-mobil yang mensupport kegiatan pemerintahan,” ungkap Watania saat ditemui di Pelabuhan Manado.

Menurut Watania, kapal-kapal tersebut merupakan perjuangan Gubernur Olly Dondokambey bersama Wagub Steven Kandouw dan Sekprov Edwin Silangen untuk memenuhi kebutuhan transportasi laut. Selain itu untuk mewujudkan Pengembangan Kawasan Pariwisata Bahari Terintegrasi Sulawesi Utara. Yaitu Manado-Bunaken, Likupang-MaNaGaBaTa, Bitung-Lembeh menyatu dalam satu kawasan pariwisata berbasis bahari.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, kami menyambut gembira penyerahan kapal ini. Sekaligus memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan segenap stakeholders Perhubungan Laut yang telah memberikan bantuan dalam rangka menunjang kemajuan Provinsi Sulawesi Utara di bidang perhubungan pariwisata,” kata Watania usai Sea Trial di Teluk Manado seraya menyebutkan bahwa rencananya program ini akan menjangkau sampai ke Kepulauan Nusa Utara.(baz)



Kapal Rede Bantuan Kemenhub /// jdl grafis

1. Gandha Nusantara 18 rute: Pesisir Kota Manado – Bunaken – Manado Tua – Siladen (PP)

2. Gandha Nusantara 13 rute: Likupang – Mantehage – Nain – Gangga – Bangka – Talise (PP)

3. Gandha Nusantara 06 rute: Bitung – Lembeh  (PP)



Penyerahan KM Gandha Nusantara 18 kepada Kadishub Sulut Lynda Watania
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional