Menu

IATPI Kawal Pembangunan di Sulut

  Dibaca : 39 kali
IATPI Kawal Pembangunan di Sulut
Pengukuhan Pengurus IATPI Sulut

Sekprov: Bakal Disertakan Dalam Pembahasan Izin Lingkungan

MANADO — Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI) sudah terbentuk di Sulut. Pengurus IATPI Sulut ini dikukuhkan Ketua Umun IATPI Dr Khalawi Abdul Hamid, di Hotel Four Point Manado,   Kamis (8/8/2019) malam. Yopie Recky Sigar dipercaya memimpin IATPI Sulut.

Dijelaskan Khalawi yang juga Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, IATPI merupakan asosiasi para ahli atau insinyur profesional di bidang kerja teknik penyehatan, dan teknik lingkungan yang beranggotakan sarjana lulusan teknik penyehatan atau teknik lingkungan serta sarjana bidang lain yang memiliki keahlian bidang profesi teknik lingkungan

Pengukuhan ini untuk memutakhiran 17 kepengurusan IATPI di daerah,  Sulut satu di antaranya.  Khalawi mengatakan, pengukuhan pengurus daerah Sulut masa bakti 2019-2023 merupakan upaya strategis bagi peningkatan kehadiran para ahli teknik penyehatan dan teknik lingkungan di Indonesia bagian Timur.

“Kami berharap dengan terbentuknya IATPI di Sulut ini, akan tersedia ahli teknik penyehatan lingkungan di Sulut. Sehingga tenaga ahli penyehatan lingkungan yang punya SKA (sertifikat keahlian) tidak perlu dicari di luar,” ujar Khalawi.

IATPI di Sulut diisi 25 orang insinyur sipil dan arsitektur. Dan, seluruh Indonesia saat ini IATPI telah memiliki 967 anggota.  

Khalawi menjelaskan untuk mengembangkan kompetensi SDM di bidang teknik penyehatan dan teknik lingkungan, IATPI akan mendirikan lembaga sertifikasi profesi (LSP)  sebagai media IATPI untuk menyelenggarakan uji kompetensi dan sertifikasi keahlian bagi lulusan sarjana teknik penyehatan dan teknik lingkungan.

Sementara Yopie Sigar setelah dikukuhkan menyatakan bahwa IATPI Sulut secepatnya akan membuat edaran ke kabupaten/kota agar terkait  pembahasan Amdal, berkaitan lingkungan,  IATPI Sulut diikutsertakan dalam pembahasan.

“Dan Pemprov Sulut sangat mendukung upaya itu, seperti disampaikan Pak Sekprov (Edwin Silangen),” katanya. “Saya merasa SDM pengurus IATPI Sulut sangat kompeten sudah pengalaman ikut serta dalam pembahasan, dan penyusunan dokumen terkait lingkungan hidup,” kata Kabid Sarana dan Prasarana Permukiman Dinas Perkimtan Sulut itu.

Sekprov Edwin Silangen pun menyatakan dukungan dari Pemprov adalah mewajibkan seluruh proses penyusunan dokumen lingkungan, baik UKL-UPL maupun Amdal, agar menyertakan IATPI dalam pembahasan.

“Karena kita saat ini mempercepat pembangunan, tapi harus berwawasan lingkungan. Makanya, kami memberi peran kepada IATPI untuk mengawal dan mendampingi penyusunan dokumen izin lingkungan sampai di kabupaten/kota,” ujar Silangen seraya menyampaikan  salam dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang belum berkesempatan hadir, dan mengapresiasi pembentukan IATPI di Sulut.(baz)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional