Menu

BKKBN Sulut Berjibaku Menurunkan Unmet Need dan Kawin Usia Dini

  Dibaca : 33 kali
BKKBN Sulut Berjibaku Menurunkan Unmet Need dan Kawin Usia Dini
Seminar Kependudukan 2019 oleh BKKBN Sulut

MANADO — Memperingati Hari Kependudukan Dunia Tahun 2019, Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut  menggelar seminar kependudukan. Seminar tersebut dilaksanakan Kamis (29/08/19) di Hotel Best Western Manado.

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut Drs. Sugiyatna MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam UU No. 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dijelaskan bahwa BKKBN mempunyai tugas melaksanakan pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana. Adapun tujuan BKKBN mengendalikan penduduk agar terwujud keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara jumlah penduduk dan lingkungan hidup,  berupa daya dukung alam dan daya dukung lingkungan,  serta kondisi perkembangan sosial ekonomi budaya.

“BKKBN adalah garda terdepan dalam menghadapi, merespon dan mengelola isu-isu kependudukan di Indonesia,” ujar Sugiyatna.

Disampaikan juga  betapa pentingnya peran pemerintah,  sektor swasta, organisasi dan lembaga masyarakat sipil seperti UNFP untuk bersatu melaksanakan progran aksi dan berjanji menghilangkan hambatan yang ada antara perempuan dan anak.

“Perempuan dengan kesehatan mereka. Hak-hak dan kekuatan untuk meniadakan unmet need KB, menurunkan angka kawin usia dini, meniadakan kematian ibu, dan meniadakan kekerasan gender,” ujarnya.

Implementasi komitmen ICPD (International Converence On Popilation and Development), sambungnya, dijabarkan melalui integrasi program aksi ICPD dan SDGs 2030 ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Menengah Nasional.

Kasubid Pendidikan Kependudukan Agustin Mamahit menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan seminar kependudukan untuk meningkatkan pengetahuan pentingnya program KKBPK dalam rangka mencapai program pembangunan berkelanjutan. “Juga untuk meningkatkan pengetahuan dan komitmen berbagai sektor dalam rangka pemerataan pelayanan dan informasi KKBPK kepada seluruh masyarakat,” ujar Mamahit.

Seminar yang menghadirkan sejumlah mitra BKKBN, akademisi, kepala bidang pengendalian penduduk OPD KB kabupaten/kota, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat itu menampilkan narasumber Drs Philep Regar MSi (Ketua Koalisi Kependudukan Sulut) dan Drs Jeffry Paath MSi (Ketua Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan) Unsrat.(baz)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional