Menu

BKKBN Sulut Latih Pendata Keluarga 2020

  Dibaca : 37 kali
BKKBN Sulut Latih Pendata Keluarga 2020
Para pendata keluarga dari kabupaten/kota bersama Kepala BKKBN Sulut

MANADO — Untuk kebutuhan pencatatan dan analisa data capaian program KKBPK, BKKBN Provinsi Sulut menyiapkan tenaga profesional untuk pendataan keluarga 2020 mendatang. Pelatihan dilaksanakan Bidang Adpin di Kelas A Bidang Latbang BKKBN Sulut.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Drs Sugiyatna MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan yang dilaksanakan oleh bidang Adpin sangatlah penting untuk meningkatkan kompentensi para peserta yang hadir sebagai pengelola data.

“Karena data sangat penting yang menjadi dasar untuk menetapkan arah tujuan pelaksanaan program KKBPK, juga untuk merumuskan prioritas kegiatan yang selaras antara BKKBN Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Menurutnya, menjelang berakhirnya RPJMN 2015-2019 jajaran BKKBN harus siap dalam upaya mempercepat pencapaian sasaran yang telah diditetapkan. Sugiyatna berharap banyak kepada peserta sebagai pengelola Data di Kabupaten/Kota.

 Yakni untuk melakukan pemutahiran data basis Keluarga Indonesia dan meningkatkan cakupan dengan memperhatikan  kualitasnya; melakukan pencatatan setiap data program KKBPK sesuai hasil yang dicapai; memberdayakan pengelola KB di setiap lini lapangan; dan menjadikan basis data keluarga Indonesia sebagai peta kerja dan operasional di lini  lapangan.

“Sehingga semua data yang terencana akan menjadi mudah dan dimanfaatkan pemerintah daerah dalam memperkuat program KKBPK dan program pembangunan lainnya dengan dukungan APBD Kab/Kota,” ujarnya.

Dia pun berharap agar Kabupaten/Kota persiapkan pendataan keluarga  2020  dengan sebaik-baiknya melalui penyiapan sarana/formulir,  administrasi wilayah, SDM/Kader pendata,  sistem dan aplikasi. Melalui pertemuan harapan Drs Sugiyatna MM.

Kabid Adpin Jacky Sambuaga menambahkan pengelola data dan informasi OPD Kabupaten/Kota harus dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan tentang pentingnya sinergitas, penyediaan data dan informasi program KKBPK serta pemanfaatan untuk kepentingan program intervensi dan pembangunan daerah.(baz)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional