Menu

Antisipasi Kekeringan, Distanak Sulut Salurkan 130 Pompa Air

  Dibaca : 29 kali
Antisipasi Kekeringan, Distanak Sulut Salurkan 130 Pompa Air

MANADO — Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara bersikap siap siaga menghadapi kemarau yang masih berlangsung saat ini. Pemberian bantuan pompa air dan pembuatan irigasi perpipaan telah ditempuh.

“Sudah beberapa kelompok tani, khususnya yang hortikultura, mendapat bantuan pompa air,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling, kemarin.

Dia mengungkapkan Dispertanak Sulut sudah menyalurkan 130 unit pompa air ke 12 kabupaten/kota yang jadi sentra pertanian.

“130 pompa air kami sudah salurkan ke sentra pertanian. Di beberapa lokasi juga kami membangun tempat penampungan air untuk kebutuhan petani,” ujar Novly.

Kepada petani juga Novly mengimbau agar belum melakukan penanaman di musim kemarau ini. “Kecuali yang sudah berproduksi, dijaga terus kebutuhan air tanaman,” katanya.

Pemprov, katanya, terus memantau kondisi pertanian di seluruh wilayah. Petani dan pemerintah juga akan dibantu TNI agar lahan pertanian tidak mengalami kekeringan.

“Sebagai umat beragama juga, mari kita berdoa agar hujan lebih cepat datang sehingga persediaan pangan masyarakat Sulut tidak banyak terganggu,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, BMKG memprediksi bahwa musim kemarau di Sulut akan berlangsung hingga Oktober nanti. Peringatan dini pun telah dikeluarkan BMKG berkaitan dengan prediksi soal belasan wilayah di Sulut akan terdampak kekeringan akibat kemarau panjang ini.(baz)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional