Menu

Kasus Kebakaran di Manado Melonjak Nyaris Dua Kali Lipat

  Dibaca : 30 kali
Kasus Kebakaran di Manado Melonjak Nyaris Dua Kali Lipat

IPMANADO — Imbas dari kemarau beberapa bulan terakhir, kasus kebakaran di Kota Manado mengalami lonjakan signifikan Agustus-September.

Data yang berhasil dihimpun Indo Post, selang Agustus tercatat ada 64 kasus, sementara di bulan ini (Sampai 27 September), sedikitnya ada 147) kasus.

Hal ini ikut dibenarkan Plt Kepala Dinas Kebakaran Kota Manado, M Sofyan.

“Terjadinya lonjakan kasus ini tidak lepas dari musim kemarau yang terjadi kurang lebih tiga bulan terakhir ini,” kata Sofyan.

Eks Kadis Perhubungan ini menambahkan, adapun kasus yang mendominasi yakni kebakaran lahan dalam hal ini alang-alang.

“Kalau kita rata-ratakan per harinya untuk bulan September ini, sedikitnya ada lima kasus kebakaran alang-alang setiap harinya,” bebernya.

Di samping itu, ada juga kasus yang dipicu hubungan arus pendek alias korsleting listrik.

“Misalnya kebakaran mes karyawan Mantos dan kebakaran rumah ibadah di wilayah Mapanget, baru-baru ini,” beber birokrat berdarah Sulawesi Selatan ini.

Mengacu pada sejumlah insiden ini, ia mengimbau warga untuk tetap waspada. Karena menurutnya, tidak sedikit pula kasus kebakaran yang terjadi lantaran kelalaian warga.

“Petugas kita memang selalu stand by, tapi bukan berarti dengan keberadaan petugas kemudian kita tidak waspada. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati,” serunya.

Senada, Kabid Pencegahan dan Penanggulangan, Herry Contra, menambahkan sejak Januari hingga bulan berjalan (September, red), sedikitnya ada 284 kasus di Kota Manado.

Disebutkannya lagi, Kecamatan Mapanget menempati posisi teratas dengan koleksi 78 kasus, disusul Kecamatan Malalayang 40 kasus.

“Paling sedikit wilayah pulau (Bunaken Kepulauan, red). Tapi, kalau di darat, Kecamatan Sario paling minim yakni hanya 11 kasus selama tahun ini,” bebernya.

Sekadar diketahui, saat ini Kota Manado mengantongi 18 mobil pemadam di mana 10 unit stand by di pos utama (area kantor wali kota), sedangkan sisanya tersebar di beberapa pos wilayah di antaranya Tuminting, Mapanget, Paal 2 dan Malalayang. (ein)
==GRAFIS==
Data Kasus Kebakaran Januari-September

Mapanget 78
Malalayang 40
Paal Dua 39
Wanea 35
Tuminting 22
Tikala 22
Singkil 14
Bunaken 12
Wenang 12
Sario 11
Bunaken Pulau (Data tidak masuk)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional