Menu

Pemkab Bolsel Kaji Kawasan Konservasi Laut

  Dibaca : 62 kali
Pemkab Bolsel Kaji Kawasan Konservasi Laut

IPBOLSEL — Berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Bolsel, Sulawesi Utara, dalam merumuskan program pengembangan potensi daerah yang bermuara pada peningkatan ekonomi rakyat.

Kali ini, melalui Bappelitbangda, Pemkab menggelar Focus Group Discussion (FGD) kajian konservasi laut tahun 2019.

Menghadirkan LPPM Universitas Sam Ratulangi, Rignolda Djamaludin yang juga Koordinator P3KKNT LPPM, kegiatan dibuka Bupati Hi Iskandar Kamaru diwakili Asisten II Suja Alamri.

Mewakili bupati, Suja mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut.

“Kajian ini awal yang baik. Program inovasi ini diharapkan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat khususnya kawasan pesisir pantai,” kata Suja, kemarin.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Harifin Matulu melalui Kabid Penelitian dan Pengembangan Kurniawan Achirtama Gobel menjelaskan, kajian dilakukan untuk pemetaan sumber daya pantai selain Mangrove.

Di antaranya, terumbu karang dan garis pantai untuk area sport fishing, diving dan lainnya.

“Dilakukan juga Eksplorasi potensi keanekaragaman dan keunikan sumber daya pantai, potensi faktor oceanografi terutama aktivitas wisata mangrove, diving, fishing serta pengembangan aktivitas,” terangnya.

“Target wisata alam yang sudah ada termasuk usulan status kawasan konservasi dan kebijakan tata ruang mendukung. Kemudian, pengawasan sumber daya alam pantai dari aktivitas yang berpotensi merusak dioptimalkan,” tambahnya.

Hasil kajian lanjutnya, diberikan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) untuk perumusan program.

Selain itu, dokumen kajian juga disiapkan bagi pihak swasta yang ingin berinvestasi.

“Perusahaan swasta berskala nasional butuh data valid dan sudah ada kajian secara ilmiah. Insaa Allah, calon investor terpikat dengan hasil kajian ini dan mau berinvestasi sehingga terjadi peningkatan perekonomian dan terciptanya lapangan kerja baru,” harapnya.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti seluruh Pimpinan OPD jajaran Pemkab Bolsel. (lel)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional