Menu

11 Tenaga Medis Kemenkes Siap Bantu Warga Sitaro

  Dibaca : 103 kali
11 Tenaga Medis Kemenkes Siap Bantu Warga Sitaro

IPSITARO — Kabar gembira bagi masyarakat Kecamatan Siau Barat Utara (Sibarut), Kabupaten Sitaro, Sulut.

Pasalnya, Senin awal pekan kemarin Tim Nusantara Sehat yang berjumlah 11 orang dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), akan membantu pelayanan kesehatan di Kabupaten Sitaro.

Kepada Indo Post, Wakil Bupati Sitaro Drs John Heit Palandung MSi, mengatakan program Nusantara Sehat merupakan program yang diselenggarakan oleh Kemenkes yang bertujuan untuk memperkuat layanan kesehatan primer di Indonesia melalui penempatan tim kesehatan di daerah perifer.

“Fokus utama tim yang terdiri dari anak-anak muda ini adalah upaya promotif dan preventif, untuk mengubah mindset masyarakat mengenai kesehatan,” kata Palandung, Senin (4/11/19).

Dikatakannya lagi, berdasarkan Informasi yang terima, fokus kebijakan Kemenkes untuk tahun 2019 adalah penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer.

“Prioritas ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer,” tambahnya.

Meski demikian kata dia, penempatan Tim Nusantara Sehat ini di wilayah Sibarut bukan karena alasan permasalahan di atas, namun lebih kepada letak geografis yang berada di wilayah pelosok.

“Tim Nusantara Sehat ini sendiri adalah tim tenaga kesehatan profesional ke Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan. Tujuannya adalah untuk memperkuat layanan kesehatan primer melalui penempatan tim kesehatan di daerah perifer (terletak di tepian-jauh dari pusat),” terangnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Hiung kecamatan Siau barat utara dr Youraine A Ruitang, mengatakan bahwa dengan kehadiran tim dari Nusantara Sehat ini dirinya akan merasa terbantu dengan kehadiran 9 tenaga medis Nusantara Sehat, mengingat kondisi geografis Sibarut serta letak kampung-kampung yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Hiung cukup menguras energi untuk dijangkau.

“Dengan kehadiran tim nusantara sehat ini, saya dan pasukan perempuan perkasa puskesmas Hiung sangatlah terbantu, dan kami sangat bersyukur dengan kehadiran tim nusantara sehat ini, dengan kata lain tugas kita kan semakin ringan dan dengan demikian apa yang menjadi harapan kita semua yakni Sitaro yang lebih hebat lagi akan semakin mudah untuk di wujudkan,” kuncinya.

Sekadar diketahui, dari 11 tim medis yang dikirim ke Sitaro, 9 ditempatkan di Puskesmas Hiung, sedangkan sisanya di Puskesmas Lia.

Perlu diketahui pula, dari 29 personil Puskesmas Hiung, 99 persen personilnya adalah perempuan. (gus)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional