Menu

Tidak Ikut Kegiatan, TTP ASN Pemkot Manado Dipotong 15 Persen

  Dibaca : 105 kali
Tidak Ikut Kegiatan, TTP ASN Pemkot Manado Dipotong 15 Persen

IPMANADO — Pemotongan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) sebesar 15 persen diberlakukan bagi pegawai yang mangkir dari setiap kegiatan pemerintahan di lingkup Pemkot Manado.

Hal ini disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum, Frans P Mawitjere, Senin (4/11/19).

Menurut dia, langkah ini diambil guna lebih meningkatkan disiplin ASN khususnya menyangkut partisipasi di setiap agenda pemerintahan.

“Tidak hanya agenda rapat, termasuk mereka yang tidak ikut jalan sehat serta kerja bakti, tunjangannya langsung kita potong lima belas persen,” kata Mawitjere.

Ia menambahkan, ini merupakan tindaklanjut atas instruksi Wali Kota GS Vicky Lumentut, dalam rangka peningkatan disiplin kerja. Oleh sebab itu, sifatnya umum, tidak memandang jabatan.

“Baik kepala OPD maupun staf, kalau tidak ambil bagian dalam agenda Pemkot, langsung kita beri sanksi,” tegasnya.

Ditambahkannya lagi, kebijakan ini tidak bermaksud mengekang ASN, tujuan sebaliknya justru merupakan bagian dari implementasi sila kelima yakni keadilan sosial.

“Dengan kata lain, apresiasi (baca: tunjangan) pemerintah terhadap ASN harus pula dibarengi dengan kinerja serta partisipasi maksimal terhadap setiap kegiatan pemerintah kota,” kunci salah satu birokrat senior ini.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Kota Manado, Xaverius Runtuwene, mengaku telah menerima dan siap mengawal instruksi tersebut.

“Tujuannya adalah peningkatan disiplin pegawai, dan BKP-SDM sudah siap mengimplementasikannya,” ujar Runtuwene.

Di satu sisi, eks Kasat Pol PP ini menilai jika kebijakan bukanlah sesuatu yang menyeramkan atau bahkan ekstrim bagi para abdi negara.

“Ini akan terasa berat bagi mereka yang suka mangkir di setiap agenda pemerintahan. Namun, bagi ASN yang rajin, tentunya ini bukanlah hal yang menakutkan,” urainya sembari berharap para ASN akan memperhatikan hal ini. (ein)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional