Menu

Pengusaha Muda Tagulandang Tawarkan Solusi Atas Harga Pala Anjlok ke Petani

  Dibaca : 83 kali
Pengusaha Muda Tagulandang Tawarkan Solusi Atas Harga Pala Anjlok ke Petani

IPSITARO — Di tengah merosotnya harga komoditi andalan negeri 47 pulau (Pala, red), para petani diminta untuk dapat berpikir kreatif.

Hal ini diungkapkan pengusaha muda asal Tagulandang Ken Sasombo.

Menurut dia, turunnya harga pala tak lepas dari perilaku petani itu sendiri, yang mestinya menjaga kualitas pala.

“Kita tau bersama, sebuah produk dihargai berdasarkan kualitasnya, karena itu saya berharap teman-teman petani mampu menjaga kualitas pala, dengan demikian bukan tidak mungkin, jika kualitasnya baik pasti harganya pun bakal bagus,” kata Sasombo.

Tak hanya itu kata dia, dengan berpikir kreatif seperti merubah pola atau cara mengelola biji pala itu sendiri sebelum menjual.

“Kalau biasanya biji pala kering itu dijual dengan cangkang, kenapa petani tidak mencoba untuk menjualnya tidak dengan cangkang, atau dengan kata lain biji pala yang dijual sudah dipisahkan tempurung (cangkang) dengan biji pala,” tuturnya.

Disisi lain dirinya juga mengatakan jika anjloknya harga pala tidak memiliki hubungan dengan pemerintah. Tetapi lebih kepada turunnya kualitas pala itu sendiri serta juga tergantung pada kondisi pasar.

“Mampu berpikir kreatif dan tidak menyalahkan siapa-siapa merupakan sikap yang sangat cerdas dalam menyikapi kondisi ini,” kuncinya. (gus)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional