Menu

BKKBN Sulut Tampilkan Data Profil KKBPK untuk Perencanaan Pembangunan Daerah

  Dibaca : 25 kali
BKKBN Sulut Tampilkan Data Profil KKBPK  untuk Perencanaan Pembangunan Daerah
Sambutan PLt Kepala BKKBN Sulut

MANADO — Dalam masa penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2020 di provinsi maupun kabupaten/kota, pemerintah daerah berjibaku dengan program dan kegiatan prioritas. Untuk itu Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut mengumpulkan seluruh instansi terkait kependudukan se-Sulut selama dua hari, 5-6 November 2019, di Best Western Hotel Manado.

Dalam pertemuan bertajuk: “Pemanfaatan Data Profil (parameter dan proyeksi) Program KKBPK Sebagai Input Dalam Perumusan Kebijakan Dan Strategis Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi dan Kab/Kota Tahun 2019 itu, peserta diberi pemahaman kondisi riil demografi dan strategi memasukkan KKBPK dalam rencana pembangunan.

“Harus dipahami bahwa subyek dan obyek pembangunan adalah penduduk. Jika penduduk berkualitas, tentu biaya sosial kependudukan lebih kecil. Pembangunan SDM sangat penting dari perbaikan program KKBPK,” ujar Plt. Kepala BKKBN Sulut Drs. Sugiyatna MM.

Sugiyatna mengharapkan melalui penyajian data profil tersebut dapat memberikan gambaran terkait dinamika kependudukan yang terjadi di daerah masing-masing. “Sehingga memberikan kontribusi positif dalm perencanaan pembangunan kependudukan di Provinsi Sulawesi Utara,” kata Sugiyatna didampingi Kabid Dalduk Drs. Albert Baginda.

Sementara Kasubid Parameter Kependudukanm Martha Tumonggor SE dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah perlu mendapatkan gambaran tentang berbagai kondisi sosial demografi terkini melalui data profil program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Data-data ini menjadi input bagi pemangku kepentingan dalam perencanaan pembangunan kependudukan,” kata Tumonggor.

Pertemuan ini dihadiri OPD Kependudukan dan KB kab/kota, Bappeda Sulut, Dinas Dikda, Dinas Kesehatan, dan Disnaker. Sebagai narasumber Kabid Dalduk Albert Baginda, Ketua IPADI DR Tri Oldi Rotinsulu, Ketua PSKK Unsrat Jeffry Paat, dan Koalisi Kependudukan Sulut.(baz)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional