Menu

Politisi Golkar Tanggapi Serius Polemik Galian C Ilegal di Pulau Ruang

  Dibaca : 111 kali
Politisi Golkar Tanggapi Serius Polemik Galian C Ilegal di Pulau Ruang

IPSITARO — Menanggapi polemik galian C di Pulau Ruang, Tagulandang, Kabupaten Sitaro, yang disebut-sebut telah berdampak pada pengrusakan lingkungan, Legislator Golkar Selfis Handri Ponto, angkat bicara.

Dikatakannya, jika mengacu pada Undang-undang no. 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, praktek galian C di pulau Ruang tidak dibolehkan.

“Bagian keenam larangan pasal 35 huruf i dengan jelas mengatakan bahwa dilarang keras melakukan penambangan pasir pada wilayah yang apabila secara teknis, ekologis, sosial, dan/atau budaya menimbulkan kerusakan lingkungan dan/atau pencemaran lingkungan dan/atau merugikan masyarakat sekitarnya,” kata Ponto.

Namun, kata wakil rakyat dari Dapil III (Tagulandang-Biaro) ini, karena aktivitas galian C juga berhubungan dengan kemaslahatan, sehingga ia akan mencoba mengajak pihak-pihak terkait untuk duduk bersama.

“Saya akan coba komunikasikan ini dengan camat, Kapitalau Pumpente dan Laingpatehi serta pihak-pihak terkait, untuk kemudian mencari jalan keluar,” ujarnya.

“Kalaupun ada kebijakan-kebijakan yang bisa menguntungkan semua pihak, maka akan kita minta kesepakatan bersama,” urainya.

Ia juga mengaku telah berkomunikasi dengan camat Tagulandang via seluler, terkait persoalan ini.

“Pak Camat meminta agar proses penambangan ini dapat diundur sampai bulan Desember,” bebernya sembari menyebutkan dalam waktu dekat akan turun lapangan.

“Setelah selesai proses tindaklanjuti APBD 2020 di Propinsi, saya akan turun ke sana (Pulau Ruang) untuk bersama-sama mencari solusi masalah ini,” ujar politisi berlatar belakang pelaut ini.

Hal ini penting, sambung dia, karena jika mengacu dari aturan memang tidak bisa, hanya saja jika ini ditutup total maka secara tidak langsung kita juga telah bertindak kurang adil karena ada beberapa kepala keluarga yang mencari nafkah di sini.

“Oleh karena itu, perlu kita bahas bersama,” kuncinya. (gus)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional