Menu

Naik Satu Tingkat, Puskesmas Pinolosian Raih Akreditasi Utama

  Dibaca : 159 kali
Naik Satu Tingkat,  Puskesmas Pinolosian Raih Akreditasi  Utama

IPBOLSEL — Raihan akreditasi tingkat Madya pada waktu lalu, tidak membuat tim Puskesmas Pinolosian, di Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan (Bolsel), euforia.

Kerja keras dari tim solid yang terus melakukan pembenahan pelayanan, membawa status Puskesmas Pinolosian naik 1 tingkat dengan meraih akreditasi Utama.

“Alhamdulillah, Bolsel bisa mencapai target adanya PKM (Puskesmas), akreditasi Utama melalui PKM Pinolosian. Ini hasil kerja keras tim Puskesmas Pinolosian dan tim pendamping,” kata Kadis Kesehatan Kabupaten Bolsel, dr Sadli Mokodongan, kemarin.

Menurutnya, hasil penilaian dari surveyor tim Kemenkes tersebut telah di terima Pemkab Bolsel melalui surat Kemenkes RI, Dirjen Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, perihal pemberitahuan hasil akreditasi.

“Alhamdulillah, status Puskesmas Pinolosian naik satu tingkat dari Madya ke Utama,” tuturnya.

Dijelaskannya, status akreditasi Puskesmas Pinolosian berlaku hingga November 2020.

“Jadi, semua akreditasi Puskesmas dievaluasi setiap tiga tahun sekali. Nah, untuk Bolsel tahun ini baru Puskesmas Pinolosian yang re-akreditasi,” ujarnya.

Menurutnya, hasil akreditasi ulang Puskesmas Pinolosian sangat memuaskan. “Menurut kami ini hasil yang baik. Status akreditasi dasar saja untuk kelas daerah sudah memuaskan apalagi Puskesmas Pinolosian meraih tingkat utama,” sebutnya.

Dalam penilaian katanya, dilihat pelayanan kesehatan yang sudah memenuhi Standar Prosedur Operasional (SPO) termasuk program di dalamnya.

“Reakreditasi ini bukti kwalitas pelayanan Puskesmas Pinolosian tidak diragukan,” bebernya.

Setelah Puskesmas Pinolosian lanjutnya, Dinkes akan mempersiapkan re-akreditasi 4 Puskesmas.

“Tahun depan, ada empat Puskesmas yang re-akreditasi. Puskesmas Molibagu, Momalia, Duminga dan Puskesmas Milangodaa,” tukasnya.

Sekadar diketahui, status akreditasi ada empat tingkatan. Di antaranya, Dasar, Madya, Utama dan Paripurna. (lel)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional