Menu

BRI Unit Tagulandang Sosialisasi KUR

  Dibaca : 123 kali
BRI Unit Tagulandang Sosialisasi KUR

IPSITARO — Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Tagulandang, melaksanakan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), Jumat (24/01/20).

Kegiatan yang dipusatkan di pendopo kantor camat Tagulandang ini dibuka Sekretariat Kecamatan Tagulandang, Yopie T Makasenda. Sementara para peserta yakni Kapitalau (baca: Kepala Desa) sepulau Tagulandang, serta sejumlah masyarakat.

Dalam penyampaiannya, Makasenda mengatakan, KUR merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk membantu mengangkat kesejahteraan masyarakat, lewat pemberian pinjaman modal usaha, terutama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM); sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

“Begitu pentingnya kegiatan ini sehingga sangat diharapkan para Kapitalau dapat menindaklanjuti informasi yang didapat, kalau perlu kumpulkan warga yang memiliki usaha berkelanjutan, sehingga mereka yang membutuhkan dana tambahan sebagai modal usaha dapat memanfaatkan program ini ” kata Makasenda.

Di satu sisi dirinya juga berharap BRI tidak hanya memfasilitasi kredit. Akan tetapi juga ada pemberdayaan berkelanjutan kepada masyarakat. Seperti pembinaan-pembinaan terkait usaha yang sudah dijalankan.

“Harapan yang sama juga, kiranya dapat dilakukan oleh pemerintah kampung. Karena pendampingan kepada penerima KUR bukan hanya tugas pihak BRI saja. Sehingga pembiayaan KUR benar-benar tepat sasaran, yakni dipergunakan untuk usaha produktif bukan untuk hal yang bersifat konsumtif,” tuturnya.

Kepala Unit BRI Tagulandang Alvyta Apouw dalam pemaparannya mengatakan, kalau tahun-tahun sebelumnya suku bunga KUR itu 7 persen efektif per tahun, kali ini telah turun menjadi 6 persen efektif per tahun.

“Suku bunga ini mulai berlaku sejak 1 januari 2020,” sebut Apouw.

Lebih lanjut lagi dirinya mengatakan bahwa turunnya suku bunga berbanding terbalik dengan plafon pinjaman yang akan diberikan kepada calon debitur.

“Jika sebelumnya tiap debitur hanya mendapat pinjaman sebesar dua puluh lima juta, maka pada tahun 2020 ini telah naik menjadi lima puluh juta,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, selaku pihak yang dipercayakan untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat(KUR) ini, pihaknya siap melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan permodalannya melalui KUR BRI dengan bunga 6 persen.

“Kami BRI unit Tagulandang berkomitmen akan memberikan pelayanan sederhana, murah dan mudah, serta tentunya pelayanan yang setulus hati sebagaimana Tagline BRI itu sendiri yakni, Melayani dengan setulus hati,” kuncinya. (gus)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional