Menu

Oknum Kades di Kabupaten Talaud ‘Diseret’ ke Meja Hijau Lantaran Dandes

  Dibaca : 35 kali
Oknum Kades di Kabupaten Talaud ‘Diseret’ ke Meja Hijau Lantaran Dandes

IPTALAUD — Oknum Kepala Desa (Kades) Lobbo 1, Kecamatan Beo Utara, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, berinisial NM dilaporkan warganya ke Cabang Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud.

Informasi yang berhasil dirangkum wartawan, langkah ini diambil warga lantaran NM diduga menyelewengkan uang negara alias korupsi.

Betapa tidak, dalam pengelolaan dana transfer, NM dituding tidak melakukannya sesuai mekanisme, serta mengabaikan usulan prioritas masyarakat yang tertuang dalam berita acara penetapan usulan.

Tak hanya itu, selisih dari jumlah satuan barang yang dibelanjakan (Harga sesungguhnya) dengan jumlah satuan barang yang tertera dalam SPJ dalam pengadaan barang seperti mesin potong rumput, kereta dorong dan mesin pompa air cukup fantastis, yang menembus ratusan juta rupiah.

Yance Berhamba warga masyarakat Desa Lobbo 1 yang melaporkan dugaan tindakan korupsi tersebut mengatakan, dirinya melaporkan masalah ini agar tidak bertambah lagi kerugian negara akibat ulah pemerintah desa yang memiliki mental korupsi.

“Jangan sampai kerugian negara terus bertambah akibat ulah dari pemerintah desa yang memiliki mental korupsi. Makanya saya melaporkan masalah ini ke pihak berwenang,” ujar Berhamba.

Ia berharap, dugaan tindakan korupsi yang ia laporkan secepatnya diproses agar yang bersangkutan mendapatkan efek jerah dan tidak lagi merugikan negara melalui praktek korupsi.

“Saya berharap, masalah ini segera diproses agar mendapatkan efek jerah dan kerugian Negara tidak lagi bertambah,” harapnya.

Terpisah, salah satu pejabat fungsional Cabang Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud di Beo, saat dikonfirmasi tentang kapan berkas laporan tersebut akan berproses, menyebutkan, pihaknya akan mempelajari dan menelaah terlebih dahulu.

“Berkas laporannya sudah masuk. Nanti kita akan mempelajari dan telaah terlebih dahulu,” sebutnya. (van)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional