Menu

Terus Berbenah, SMPN 11 Manado Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional

  Dibaca : 308 kali
Terus Berbenah, SMPN 11 Manado Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional

IPMANADO — Sebuah gebrakan besar sedang digenjot SMPN 11 Manado di tahun ini.

Betapa tidak, sekolah yang terletak nyaris ‘disudut’ Kota Tinutuan, tepatnya di Kelurahan Sumompo, Kecamatan Tuminting ini telah mengusung target Adiwiyata tingkat nasional.

Kepala Sekolah, Enoch Saul, ketika ditemui, akhir pekan kemarin, tidak menampik adanya target besar ini.

“Ya, saat ini kami sedang melakukan perubahan besar-besaran, karena target SMP 11 tahun ini adalah Adiwiyata tingkat nasional,” ujar Saul yang baru kurang lebih 6 bulan dipercaya sebagai nakhoda di sekolah dengan jumlah siswa 400-an ini.

Disinggung soal kegiatan yang sedang digalahkan guna menunjang Adiwiyata, kepala sekolah pencinta seni ini mengaku sementara all out membenahi lingkungan sekolah.

“Salah satu yang harus ditonjolkan dalam penilaian Adiwiyata ialah lingkungan, oleh karena itu beberapa pekan terakhir ini siswa kita giatkan dalam kegiatan penataan lingkungan,” ujarnya sembari menyebutkan kita sebelum penataan lingkungan, program pendidikan karakter sudah lebih dahulu ditanamkan.

Lanjut eks Kepsek SMP N 14 Manado, soal penataan lingkungan, para siswa diajak mendaur ulang barang bekas.

“Sejauh ini kita bersyukur karena program daur ulang telah membuahkan hasil, para siswa begitu antusias. Banyak galon Aqua yang tadinya sudah dibuang ke tempat sampah, telah diubah menjadi pot bunga,” ungkapnya.

“Belum lagi penataan ruangan kelas serta taman yang mengusung tema penghijauan, semua berjalan baik,” tambahnya.

Akan hal ini, ia mengaku optimis bisa mencapai target yang sudah diusung.

“Siswa, guru bahkan orang tua sangat mensupport, dan ini membuat saya semakin bersemangat,” aku Ketua MKKS SMP se-Kota Manado ini.

Lebih jauh ia mengatakan, diusungnya target sekolah Adiwiyata adalah untuk membuat warga khususnya generasi penerus bangsa semakin sadar akan pentingnya menjaga dan peduli pada lingkungan.

Sementara itu, pantauan wartawan harian ini, selain pembenahan taman serta penataan ruang kelas, pihak sekolah juga tengah menggenjot pembangunan kantin sehat, penyediaan area pupuk kompos serta hidro ponik. Termasuk juga penataan art galery atau ruang seni.

“Prinsipnya, kita ingin membuat sekolah ini nyaman sehingga baik siswa maupun guru bisa menganggap sekolah sebagai rumah kedua,” kunci ASN yang pernah dipercaya sebagai Ketua BEM Unima semasa kuliah tahun 98 ini.

Terpisah, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Dahlan Walangitan, mengapresiasi keberanian SMP N 11 yang memasang target tinggi di tahun ini.

“Ini juga menjadi contoh kepada teman-teman kepala sekolah yang lain agar membuat sebuah target, sehingga dari waktu ke waktu ada perubahan yang bisa ditampilkan,” ujar Walangitan.

Ia pun berharap apa yang sudah ditargetkan bisa terwujud.

“Intinya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan siap mendukung terwujudnya target itu. Dan kita berharap ini akan ikut berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di Kota Manado,” tutupnya.

Sekadar diketahui, untuk mensuport terwujudnya sekolah Adiwiyata tingkat nasional, SMP N 11 kini sedang berupaya menjajaki program kerja sama dengan beberapa instansi di antaranya Bank Sulut serta Pegadaian. (ein)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional