Menu

Pemkab Sitaro Genjot Produktivitas Barito

  Dibaca : 67 kali
Pemkab Sitaro Genjot Produktivitas Barito

IPSITARO — Bupati Kabupaten Sitaro, Evangelian Sasingen, mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya melakukan terobosan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Seperti produk pertanian, bawang rica/cabe, tomat (Barito) hingga sayuran.

Kepada Indo Post Sasingen mengatakan, sektor pertanian mempunyai peranan penting dalam pergerakan ekonomi masyarakat, mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

Apalagi yang berkaitan dengan produk seperti cabe tomat hingga sayuran.

“Sektor Pertanian akan terus kita genjot, agar kita tidak lagi tergantung dari daerah lain, sebab saat ini produk pertanian masih didatangkan dari luar daerah,” kata Sasingen.

Ia meyakini, dengan pemberdayaan petani melalui kelompok-kelompok tani berhasil dengan baik, maka bukan tidak mungkin, ketergantungan akan produk dari luar daerah dapat diminimalisir.

“Jika hasil pertaniannya bagus, bukan tidak mungkin ketergantungan akan produk dari luar daerah dapat diminimalisir,” tuturnya.

Tak hanya itu, lanjut Sasingen, pasokan cabai dan tomat hasil lokal, pastinya akan berdampak pada harga di pasaran.

Di sisi lain, pihaknya melalui dinas terkait terus mendorong agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur di sekitar tempat tinggalnya.

“Saya sudah instruksikan kepala dinas pertanian untuk terus mensosialisasikan hal ini. Pemanfaatan lahan tidur sebagai lokasi untuk bercocok tanam merupakan faktor penting dalam menopang perekonomian yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu kepala dinas pangan dan pertanian Kabupaten Sitaro, James Makasenda mengatakan, saat ini sudah ada beberapa, kelompok tani yang berhasil memanfaatkan ataupun mengelola bantuan pemerintah.

“Di Pulau Tagulandang, hampir semua Poktan yang ada, telah berhasil memasarkan hasil pertaniannya dipasar yang ada di Tagulandang,” kata Makasenda.

Meski demikian, lanjutnya, pihaknya tetap akan melakukan pendampingan terhadap kelompok tani tersebut.

“Meski sudah ada yang bekerja sama dengan para pedagang dipasar terkait pemasaran hasil pertanian, namun 0etugas lapangan kami tetap mendampingi para petani, guna membantu para petani,” kuncinya.

***Gustap Pangsing

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional