Menu

PDP Corona, Satu Warga Sitaro Diisolasi di RSUD Tagulandang

  Dibaca : 558 kali
PDP Corona, Satu Warga Sitaro Diisolasi di RSUD Tagulandang

IPSITARO — Pasien perempuan berusia 19 tahun yang dirawat di RSUD Tagulandang dikabarkan telah berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule MKes, tidak menampik hal ini.

“Pasien ini masuk kemarin malam dengan keluhan panas tinggi, batuk dan nyeri tenggorokan,” kata Raule.

Ia menambahkan, karena keluhan yang bersangkutan menyerupai gejala COVID-19, tim medis RSUD Tagulandang telah menempatkannya di ruang isolasi.

“Isolasi bertujuan untuk memudahkan tim medis melakukan pengawasan,” terangnya sembari menyebutkan, orang tua pasien juga ikut dikarantina.

Lebih lanjut lagi Kadis Kesehatan Kabupaten Sitaro ini mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium dan foto thorax di RSUD Tagulandang, kondisi pasien mengarah ke diagnosa Pneumonia Bacterial.

“Namun, sejauh ini kondisi pasien sudah berangsur membaik. Suhu tubuhnya mulai turun setelah diberi antibiotik,” ungkapnya.

“Laporan terbaru pihak RSUD Tagulandang, Suhu badan pasien terakhir diperiksa 36,2 derajat. Dan kondisi ini kita pantau tiap tiga jam,” tambahnya.

Ia juga mengaku telah menginstruksikan tim medis Puskesmas Tagulandang untuk melacak orang terdekat, termasuk mengedukasi isolasi diri secara mandiri.

Ketika dikonfirmasi terkait kesiapan APD bagi tenaga medis, ia mengatakan, telah disiapkan.

“APD sudah siap dan hari ini (kemarin, red) kita juga baru ketambahan APD dari Dinkes provinsi,” tambahnya.

Dan jika ada kemungkinan terburuk, sambung Raule, pemerintah daerah telah menyediakan satu armada khusus untuk merujuk pasien ke Manado, karena tidak mungkin kita akan merujuknya dengan menggunakan kapal penumpang umum.

Di sisi lainnya dirinya pun berharap agar semua masyarakat dapat mematuhi semua yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

“Tetap waspada, dan patuhi semua yang dianjurkan oleh pemerintah, karena dengan mematuhi apa yang dianjurkan oleh pemerintah itu sudah sangat membantu memutuskan penularan Virus Corona,” pungkasnya.

***Gustap Pansing

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional